Advertisements

Tips menyembuhkan cadel atau cacat vokal huruf R

Cacat vokal atau cadel huruf R biasanya terjadi di usia balita. Namun entah kenapa kadang ada orang-orang tertentu sampai dewasa masih tetap cadel bila melafalkan huruf R. Kalau usia balita cadel huruf R tentu kedengaran lucu dan nggemesin tetapi kalau sudah besar maka yang terjadi adalah di ledekin. Nah kira-kira berikut mantemans cara menyembuhkan cadel huruf R tersebut. Monggo dicoba siapa tahu cucok dan berjodoh….hehehe.

cara-sembuhkan-cadel-huruf-r

Agan  hatersmscstudio membagikan pengalamannya di forum longue kaskus.  Dia menderita cacat vokal huruf R ini hingga usia 16 tahun namun dengan tekad yang kuat akhirnya dia dapat melafalkan secara sempurna huruf R tersebut. ” Ane Cacat Vokal atau biasa kita ketahui dengan Cadel huruf R selama 16 tahun. Artinya dari brojol ampe umur 16 tahun ane gak bisa melafalkan huruf R dengan benar. Huruf R yang diucapkan cenderung seperti suara menggeram ditenggorokan (identik seperti kucing kalau berantem) ” ujarnya mengawali ceritanya.

Salah satu hal yang memotivasi agan tersebut untuk fasih dalam huruf R adalah dari lingkungan. ” Dulu karena kecadelan ane, ane sering diledekin oleh temen-temen dengan cara mereka mengikuti pelafalan huruf R ane lalu ketawa-ketiwi, jengkel banget rasanya . Atau mereka menyuruh ane melafalkan: “Uler melingker di atas pager bunder“, ih makin juengkel deh ane, amit-amit…tuk..tuk..tuk! ” tambahnya.

Belajar mengucapkan huruf R dengan baik dan benar versi agan hatersmscstudio :

  • Hal pertama yang ane lakukan adalah melihat gerakan bibir, lidah dan mulut orang-orang ketika melafalkan huruf R. Dari situ ane ketahui bahwa huruf R dihasilkan dengan getaran berulang pada ujung lidah yang pada dasarnya ini adalah latihan membiasakan otot lidah untuk bergetar dengan fleksibel. Huruf R diproduksi dengan sentuhan ujung lidah yang bergetar di langit-langit atas rongga mulut yang sedikit lebih dominan dibanding langit-langit bawah.
  • Hal pertama yang ane sadari adalah, bentuk lidah dalam pelafalan huruf R identik dengan huruf L, hanya saja pada huruf L, lidah cukup mengangkat sampai ujung langit-langit pada rongga mulut bagian atas (berbatasan dengan gigi seri atas dalam). Untuk huruf R, lidah yang mengangkat ke rongga mulut atas ini kemudian bergetar. Itu bedanya.
  • Lalu ane pun membiasakan untuk melafalkan R tidak dengan suara yang dihasilkan dari tenggorokan, akan tetapi dengan cara melafalkannya dari huruf L. Pada awalnya memang terdengar janggal, karena ane udah 16 tahun mengucapkan huruf R dengan menggeram di tenggorokan seperti itu. Pada waktu itu, temen-temen makin ngeledekin aja karena huruf R ane jadi L, dalam artinya tambah cadel kayak Ngekoh-Ngekoh yang jaga toko di Glodok.
  • Tapi ane ga menyerah Gan, sekitar 3 hari, ane mulai bisa menggetarkan ujung lidah ane, walaupun terkesan masih kaku, tapi sedikit demi sedikit huruf R tersebut terdengar lebih baik. Kira-kira butuh waktu seminggu lah untuk membiasakan lidah ane fasih mengucapkan huruf R.

 Dari pengalaman diatas, agan hatersmscstudio menyimpulkan terdapat beberapa tipe cacat vokal huruf R yang diderita oleh kebanyakan orang:

1. Tipe 1. Orang tipe ini mengucapkan huruf R yang 100% terdengar menjadi huruf L. Ini ane sebut juga cadel Ngekoh-Ngekoh Glodok yang biasa ngomong begini: “lu olang bakal lugi kalo ga beli balang owe sekalang“, hehe…(No SARA karena gw juga warga keturunan Gan, ini hanya contoh).

2. Tipe 2. Orang yang mengucapkan huruf R dengan menggeram di tenggorokan. Orang yang melafalkan huruf R seperti ini menganggap bahwa huruf R itu memang dihasilkan melalui geraman di area tenggorokan. Biasanya orang tipe 2 ini mengumpulkan sedikit ludah yang berfungsi sebagai pelumas untuk membasahi tenggorokannya, sehingga dapat menghasilkan geraman.

3. Tipe 3. Orang yang melafalkan R tapi tidak jelas. Orang seperti ini pada dasarnya mengerti konsep melafalkan huruf R, tetapi lidahnya kurang fleksibel untuk menghasilkan getaran sehingga huruf R yang dilafalkan cenderung tidak jelas, entah itu sustainnya pendek (ceileh bahasanya sustain, ) atau terdengar kurang jelas antara R dan L.

****

KHS sendiri dahulu sempat mempunyai adik juga mengalami kesusahan ketika mengucapkan huruf R.  Namun dengan sedikit teknik seperti yang disampaikan agan hatersmscstudio  ini akhirnya adik sembuh juga cadelnya. Saat itu dari kecil hingga berumur sekitar 14 tahun masih cadel namun dengan telaten dan berusaha keras akhirnya sembuh juga cadel huruf R nya tersebut.

Mungkin mantemans ada pengalaman serupa terkait metode menyembuhkan cadel huruf R ini? Monggo di sharing dimari….

Maturnuwun

sumber : forum kaskus

baca juga :

      —***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 20 October 2016, in caricara and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: