Skip to main content

Dua Belas Aktivitas yang Wajib Dilakukan Setiap Hari, Nomer Satu Receh Banget (Bagian 2)

KHSblog.net- Dua Belas Aktivitas yang Wajib Dilakukan Setiap Hari, Nomer Satu Receh Banget (Bagian 2). Ada dua belas aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari dari belajar mengikuti kelas berbenah sadis. Kelas ini sudah hampir 4 tahun berlalu. Selama 25 hari. Mulai 14 Agustus sampai dengan 7 September 2020. Alhamdulillah masih konsisten menjaga dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Rika Subana sebagai founder kelas ini mengajak peserta mengubah mindset bahwa berbenah itu mudah dan menyenangkan.

Karena sebenarnya ketika kita tahu dan paham ilmunya maka berbenah tak sesulit yang dibayangkan. Justru pasca ikut kelas ini mindset beralih kian bahagia. Bahagia menikmati dan melihat rumah bersih, nyaman dan rapi.

Rika Subana dalam Kelas Berbenah Sadis ini mengajarkan membentuk kebiasaan berbenah yaitu ada pekerjaan domestik yang wajib setiap hari dilakukan para peserta. Pekerjaan-pekerjaan yang akan menjadi kebiasaan baru yang positif dalam berbenah rumah. Nah berikut ini melanjutkan tulisan sebelumnya yaitu dua belas aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari. Simak sampai selesai ya.

  1. Melipat dan Menyetrika

Berbicara soal setrika, biasanya ada tiga tim. Pertama, tim setrika. Jadi semua baju wajib disetrika. Kedua, tim tanpa setrika. Semua baju tidak disetrika. Cukup dilipat saja. Ketiga, tim ½  antisetrika dan ½ setrika. Kelompok ini adalah mereka yang hanya menyetrika baju untuk pergi. Sementara baju rumah, cukup dilipat saja.

Itulah mengapa proses pengambilan jemuran menjadi sangat penting. Jika kita menaruh baju begitu saja, dan termasuk tim antisetrika, baju-baju itu akan lebih kusut ketika dilipat.

Target waktu untuk melipat adalah lima menit. Sementara untuk menyetrika adalah lima belas menit.

  1. Mengelap Meja

Pekerjaan domestik yang satu ini tampak receh, tapi efeknya besar dalam menjaga kerapian rumah. Pastikan setiap meja yang kita miliki selalu kosong di permukaannya, kecuali pada saat dipakai. Meja makan kosong? Ya, meja makan hanya diisi oleh masakan dan peralatan makan pada saat kita dan keluarga makan. Setelah itu, kita harus segera membereskan semua barang yang ada di atasnya, termasuk membersihkan makanan yang tercecer, minuman yang tumpah atau hal lainnya.

Begitu juga dengan meja tamu, meja belajar, meja kerja, atau meja lainnya. Target waktunya cukup tiga menit untuk setiap meja.

  1. Memungut Barang yang Berceceran

Memungut semua barang yang berceceran di setiap area rumah. Kita bisa memasukkan semua barang yang tercecer ini ke sebuah kotak. Setelah itu kembalikan setiap barang ke wadahnya masing-masing.

Pekerjaan ini sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur supaya keesokan paginya kondisi rumah rapi dan bersih. Namun, jika tidak sempat, lakukan pada pagi hari. Target waktunya adalah lima menit saja.

  1. Menyapu

Menyapu adalah pekerjaan yang identik dengan emak-emak. Sesungguhnya lantai kotor sungguh tidak sedap dipandang. Sapu kolong-kolong sofa, meja, dan perabot lainnya. Lakukan pekerjaan ini dalam lima menit. Bagaimana jika rumahnya besar? Cukup tambahkan waktunya saja. Sesederhana itu. Ingat, kembalikan sapu pada tempatnya.

  1. Mengepel

Usai menyapu, tugas selanjutnya adalah mengepel. Pel lantai dengan menggunakan cairan pel yang disesuaikan dengan jenis lantai. Ada beberapa lantai yang memerlukan perawatan khusus. Pastikan kita tahu benar mana cairan pembersih lantai yang tepat. Baca petunjuknya dengan seksama.

Target waktunya adalah sepuluh menit. Setelah selesai proses mengepel, bilas lap pel hingga bersih. Taruh kembali di tempatnya.

  1. Membersihkan Kamar Mandi

Jika dilakukan setiap hari, kebersihan kamar mandi akan selalu terjaga. Di awal, bisa jadi kita butuh waktu agak lama untuk membuat ruangan ini bersih secara menyeluruh. Kita bisa mulai dari membersihkan bak, jika kita memilikinya. Setelah itu, bersihkan dinding kamar mandi, tempat sikat gigi, tempat sabun, tempat sampo dan rak toiletries.

Terakhir bersihkan lantai dan kloset. Setelah semua ini bersih, yang perlu kita lakukan adalah menjaganya tetap bersih. Lakukan kegiatan membersihkan kamar mandi ini setiap hari. Target waktunya cukup tiga menit.

Untuk membentuk sebuah kebiasaan baru yang positif, kita perlu mengulang-ulang sebuah aktivitas minimal empat belas hari berturut-turut. Dengan begitu, aktivitas tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan baru bagi orang yang melakukannya secara terus –menerus. Demikian dua belas aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari dari Kelas Berbenah Sadis (Sangat Disiplin) bersama foundernya Rika Subana. Semoga bermanfaat.***

Sumber: Buku Berbenah Sadis, Rika Subana

Tinggalkan Balasan