Skip to main content

Bangun Kolaborasi Tim dengan 3C, Nomer 3 Menantang

KHSblog.net- Bangun Kolaborasi Tim dengan 3C, Nomer 3 Menantang. Bekerja sendirian itu melelahkan. Kita perlu bekerja bersama-sama. Bahkan dalam agama Islam mengajarkan bekerja bersama. Kolaborasi. Berjamaah itu hasilnya jauh lebih besar. Ibarat satu tambah satu berapa? Hasilnya dua. Salah. Satu tambah satu hasilnya sebelas. Salah. Ternyata tidak demikian dalam Islam.

Berjamaah atau bekerjasama yang diajarkan di dalam agama Islam mengajarkan satu tambah satu hasilnya bukanlah dua, bukanlah sebelas. Tetapi satu tambah satu hasilnya 27. Saat kita sholat sendirian pahalanya satu, namun saat sholat berjama’ah pahalanya 27. Begitupun dalam kehidupan sehari-hari kalau kita menginginkan hasil yang berlipat-lipat maka perlu berjamaah, perlu bekerjasama, bekerja tim.

Namun sayangnya kita sulit bekerjasama atau berkolaborasi dengan tim. Karena apa? Karena saling tidak percaya dengan orang lain. Maka Anda sebagai seorang leader perlu membangun kepercyaaan tim. Nah apa saja untuk membangun kepercayaan tim, lakukan tiga hal berikut ini.

  1. Membangun Saling Keterbukaan

Terbuka tidak hanya membicarakan hal-hal terkait pekerjaan, tetapi terbuka dengan hal-hal yang lain. Ini masalah pribadiku, ini masalah bisnis. Bukan berarti menutup pintu untuk kedunaya. Ngobrol ke sana ke sini layaknya dalam berinteraksi sosial.  memberikan pintu curhat yang luas untuk mengahdirkan keterbukaan.

  1. Biasakan membangun feedback 360 derajat.

Membiasakan meminta feedback dari atasan, dari teman kita, dari anggota kita, maka ini membuka peluang keterbukaan.

  1. Ciptakan acara-acara membuat satu dengan yang lain bisa terbuka

Hidup manusia bukan robot, ia punya jiwa dan nurani.

Kerangka framework kolaborasi, menyangkut 2 hal:

Mengapa kolaborasi penting dan berpengaruh besar pada organisasi atau perusahaan? Dan secara spesifik kolaborasi seperti apa sih yang diinginkan? Bekerjasama dan berkolaborasi hasilnya melebihi gabungan pekerjaan tiap individu. Kolaborasi menghasilkan sesuatu yang luar biasa, jauh melampaui dari apa yang selama ini terpikirkan.

Apa Makna Kolaborasi?

Kolaborasi sebenarnya hampir sama dengan bekerjasama. Namun yang membedakan, pada kolaborasi unsur leadership lebih kental. Karena mentality yang dibangun bagaimana setiap orang berani memutuskan hal terbaik yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapi.

Nah untuk membangun kolaborasi lakukan 3C:

  1. Everybody Counted

Setiap orang memiliki peran dan berkontribusi dalam mengerjakan misi yang telah ditetapkan untuk itu satu sama lain sebaiknya memahami karakter masing-masing dan saling menghargai.

Semua orang penting, semua orang berkontribusi, semua orang perlu diapresiasi.

Tidak ada generasi terbaik, setiap masa selalu memiliki hal positif dan memiliki peluang berkolaborasi.

Hindari generational tention, kurangnya respect satu generasi dengan generasi lainnya.

  1. Build Health Communication

Setelah memahami point pertama setiap orang diperhitungkan, maka komunikasi yang dibangun pun diupayakan haruslah komunikasi yang mendukung terjadinya kolaborasi.

Jika dalam perjalanan ada perbedaan, tetap dicarikan jalan terbaik.

Selalu berpikir positif, mendengar secara aktif dan berempati terhadap apapun yang terjadi.

Posisikan Anda pada diri orang lain. Komunikasi yang tidak mau menang sendiri.

  1. Care More

Berangkat dari sebuah pertanyaan sederhana, apa yang bisa dilakukan untuk tim dan organisasi memunculkan mindset care more? Memberi lebih dari apa yang seharusnya, melakukan sesuatu tanpa diminta dan berperan aktif mewujudkan kolaborasi adalah ciri mereka yang care more.

Berikut ayat Al-Qur’an yang menyampaikan tentang bekerja dan terus berkolaborasi. Bukan karena untuk dipuji, diberikan tepuk tangan manusia namun sesungguhnya bekerja hanya diniatkan mencari ridho-NYA semata.

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”. (Q.S. At-Taubah ayat 105).

Demikian tips 3C agar menguatkan kolaborasi dalam tim baik itu di organisasi, bisnis dan Perusahaan. Semoga bermanfaat.

Sumber tulisan: video inspirasi Leadership Jamil Azzaini (Kubik)

baca juga :

Tinggalkan Balasan