Skip to main content

Hewan karnivora langka ditemukan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

Hewan karnivora langka ditemukan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Seekor hewan langka sejenis musang dengan corak warna hitam kuning ditemukan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Hewan bernama latin Prionodon lingsang ini oleh masyarakat setempat disebut keraras atau bukati. Hewan karnivora berkelamin betina itu kini diamankan di penangkaran setelah sempat diperjualbelikan melalui media sosial.

Mengutip informasi dari kompas.com (08/06/2017), Hewan sejenis musang ini bertubuh ramping dan berekor panjang dengan corak warna kuning dan hitam. Memiliki taring yang tajam serta lincah bergerak di atas pohon. Menurut penuturan warga, hewan ini kerap memangsa ayam peliharaan dengan hanya memakan bagian organ, seperti jantung dan hati.

“Termasuk hewan dilindungi sesuai PP Nomor 7 Tahun 1999. Kami awalnya tahu dari media sosial, hendak dijual,” kata Ketua Animals Lovers Bangka Island (Alobi), Langkasani, Rabu (7/6/2017).

Pecinta lingkungan yang tergabung dalam Alobi untuk sementara melakukan penangkaran, sembari dilakukan penelitian. Dalam waktu dekat, Alobi berencana melepasliarkan hewan dilindungi ini di kawasan perbukitan Menumbing Bangka Barat.

Dengan panjang 45 sampai 50 sentimeter, prionodon lingsang merupakan hewan dataran tinggi yang selain di Indonesia, diperkirakan tersisa di Nepal, India, Pakistan dan Thailand.

Maturnuwun

sumber : kompas.com

baca juga :

 

Tinggalkan Balasan