Advertisements

Tetangga

Tetangga. Orang yang tempat tinggalnya berdekatan. Itulah tetangga. Sebelah kanan dan kiri rumah kita sudah kenal belum? Depan rumah kita sudah memahami bagaimana karakter yang punya rumah kah? Untuk pasangan baru menikah yang statusnya kontraktor (ngontrak dari rumah ke rumah) atau rumah sendiri, baru pindah, wajar apabila belum mengenal tetangganya. Tapi jangan juga dijadikan alasan karena baru pindah atau pengantin baru  lalu tak mau mengenal tetangganya. Sebulan atau sebelum dua bulan masih batas kewajaran belum begitu kenal dengan rumah sekitarnya.

Kurun waktu satu bulan awal biasanya memang lagi ribetnya penghuni baru untuk bersih-bersih, merapikan tempat tinggalnya. Sambill menata dan mengkondisikan anak-anak disempatkan bisa disambi kenalan dulu tetangga sebelah kanan, kiri dan depan tempat tinggal.  Karena tetangga itu adalah orang pertama yang akan kita cari saat kita memerlukan bantuan. Interaksi sehari-hari menjadi kebutuhan bertetangga.

Ada ungkapan kita bisa memilih rumah mana saja yang kita suka untuk kita tempati. Namun kita tak akan bisa memilih bertetangga dengan siapa. Ada tipikal tetangga yang jarang di rumah, cuek dengan tetangganya, ada pula yang doyan dan hobinya nongkrong  atau cangkruk-an di sekitar rumah, juga tetangga yang cukup peka menawarkan bantuan. Beragam tipe tetangga. Tinggal kita sebagai warga baru cerdas merespon masing-masing tipe tetangganya.

Belajar dari pengalaman, bahwa tetangga justru orang pertama yang akan memberikan banyak informasi seputar tempat tinggal kita. Mulai dari tetangga yang ini namanya si fulan, depan rumah si fulan. Saat belum punya tangga untuk memperbaiki lampu dan memperbaiki atap kamar mandi, maka tetanggalah yang sangat peka menawarkan bantuan.: “monggo ada tangga yang bisa digunakan pak”. Alhamdulillah diberikan Allah rizki tetangga baik hati. Tetangga sebelah kiri rumah kami aktif dan peka apabila kami membutuhkan bantuan. Komunikasi via Whatsapp dan setiap pagi selalu menyapa. Ramah. Anak nya pun juga demikian santun. Suka mengajak anak-anak pergi ke masjid.

Sudah sebulan kami tinggal di sini. Alhamdulillah sudah mengenal lebih dari 10 tetangga. Ada banyak cara untuk bisa kenalan dengan tetangga. Apalagi sekarang komunikasi cukup dimudahkan dengan grup Whatsapp, telegram, dsb. Kalo ayahnya anak-anak langsung dimasukkan grup RT bapak-bapak. Sejak kami memutuskan untuk menempati rumah baru, kami silaturrahim lebih dulu ke rumah pak RT. Lagi-lagi yang membantu urusan bertemu dengan pak RT adalah tetangga yang baik hati. Semoga kebaikan yang sudah diberikan oleh tetangga diganti dengan yang lebih baik oleh-Nya.

Berbaik-baik dengan tetangga. Membuat tetangga bahagia adalah kebaikan. Kebaikan yang insyaAllah mengalirkan pahala. Memudahkan urusan tetangga. Berkata santun. Tak menyakiti hati tetangga. Berbagi makanan atau apa yang kita punya. Berikan yang terbaik untuk tetangga. Membuat bahagia tetangga adalah amalan mulia. Keutamaan  orang yang memberi kebahagiaan pada orang lain dan mengangkat kesulitan orang lain disebutkan dalam hadist berikut:

“Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” (Hadist riwayat Muslim.2699)

“Siapa yang biasa membantu hajat saudaranya, maka Allah akan senantiasa menolongnya dalam hajatnya.” (Hadist riwayat Bukhori No. 6951 dan Muslim No. 2580)

“ Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat  bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini-masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR. Thabrani)

Jadilah tetangga yang selalu membahagiakan sekitarnya. Membantu kesulitannya. Menjadi tetangga yang dirindukan. Tetangga yang selalu dinantikan kehadirannya. Tetangga yang menebar manfaat terus menerus tanpa batas waktu dan tempat. Mari belajar menjadi tetangga idaman Allah, idaman masyarakat. (nra)

#Agustusbulanmerdeka

#tetanggabaik

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 22 August 2019, in asalnulis, inspiring and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Hidup di tengah2 masyarakat, kita perlu saling kenal satu sama lain ya kak, agar bisa membaur dengan tetangga dan menjalin silaturrohim 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: