Advertisements

Indahnya Silaturrahim

Indahnya Silaturrahim. Silaturrahim tak hanya ada di saat hari raya idul fitri. Tak harus menunggu menjelang musim lebaran. Karena silaturrahim sejatinya harus dilakukan setiap saat. Tanpa tendensi apapun. Silaturrahim yang tumbuh karena cintaNya semata. Begitu nikmat dan indahnya bagi yang sudah sering silaturrahim. Kapan anda terakhir kali silaturrahim?

Silaturrahmi adalah istilah yang cukup akrab dan popular di dalam pergaulan umat Islam sehari-hari, namun pada hakekatnya istilah tersebut merupakan bentukan dari bahasa Arab dari kata silaturrahim, dan istilah silaturrahim ini berasal dari dua kata yakni : Shilah yang berarti hubungan atau sambungan dan rahim yang memiliki arti peranakan.

Silaturahmi adalah tradisi saling mengunjungi atau berkunjung kepada saudara, kerabat, atau sahabat agar hubungan kekeluargaan, kekerabatan, dan persahabatan tidak terputus. Arti Silaturahmi ( baca silaturahim ) secara umum adalah menghubungkan tali kekerabatan, atau menghubungkan kasih sayang dengan cara saling berkunjung terutama kepada saudara atau anggota keluarga sendiri bahkan terhadap tetangga atau saudara seiman. Versi  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti silaturahmi adalah tali persaudaraan/persahabatan, bersilaturahmi yaitu mengikat tali persahabatan atau persaudaraan.

Berkunjung untuk menyambung tali kekerabatan tanpa ada pamrih apapun. Karena sejatinya silaturrahim tak hanya membawa kebaikan di dunia namun juga kelak di akhirat.

Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari no. 5991)

Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan)

Menyambung tali silaturahmi dengan manusia bisa menjadi cara kita untuk kembali terhubung dengan Sang Pencipta. Silaturahim menjadi faktor kuat yang Allah Azza wa Jalla jadikan sebagai sebab lapangnya rezeki orang yang menyambungnya, serta menjadikannya sebab keberkahan dan panjangnya umur untuk bisa melakukan amalan-amalan shalih, dan mengambil bekal dari kehidupan yang sementara ini menuju negeri yang kekal dan abadi.

 

Selain itu manfaat silaturahmi bisa kembali kepada diri kita sendiri. Bersilaturahmi juga baik untuk kesehatan mental. Bercengkerama, saling bertanya kabar, dan bertukar cerita dengan orang-orang terdekat kita bisa meningkatkan mood. Menghadirkan kembali rasa bahagia dan perasaan positif yang baik untuk kesehatan mental kita. Kawan, mari kita hidupkan silaturrahim di keluarga kita, agar umur berkah dan cinta Allah bertambah-tambah.(nra)

#terusmenulis

#satuharisatutulisan

#day12

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 12 July 2019, in inspiring, Tanpa kategori and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: