Advertisements

Menulis itu Mudah

Menulis itu Mudah. Ah… tak ada ide untuk menulis, belum ada waktu untuk menulis, saya sibuk, dll. Beragam alasan disampaikan oleh banyak orang tentang belum mau untuk menulis. Tak ada alasan dan jangan mencari-cari alasan untuk tidak menulis. Karena sebenarnya menulis itu mudah. Mau tau tips nya untuk mau dan mengawali menulis.? Yuk simak tips sederhana kali ini.

Ide Tulisan

Tak ada ide untuk menulis. Ide  itu bisa datang dari mana saja, asalkan kita pandai mengorganisir ide-ide yang muncul. Jangan biarkan ide datang terus kita lewatkan begitu saja. Catat dan pastikan harus kita tulis. Ide itu mahal. Jadi segera keep ide untuk dituangkan dalam tulisan. Berprofesi apapun kita pasti bisa menulis. Semisal, profesi sebagai ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga dengan sebarek aktifitas rutin harian tak membuat kita tak punya ide. Justru aktivitas rutin harian itu merupakan gudang ide kita. Contohnya ide tentang menyiapkan sarapan . Nah, ide untuk topik tulisan tentang menyiapkan sarapan kita buat pohon ide nya. Pohon ide nya adalah tentang sarapan, lalu kita buat cabang-cabang dari pohon ide tentang sarapan. Dari cabang pohon ide, satu cabang ide memiliki pembahasan yang luas. Contoh pohon ide tentang menyiapkan sarapan:

  • Menu apa pagi ini
  • Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat sarapan
  • Melibatkan anak menyiapkan sarapan
  • Menyiapkan sarapan sehat
  • Sarapan berbudget sesuai dompet
  • Berdialog bersama anak saat sarapan
  • Sarapan sumber energi pagi sebelum beraktifitas
  • Membuat anak mau sarapan

Aktivitas harian kita bisa menjadi ide tulisan. Tak perlu takut, malu dengan apa yang mau kita tulis. Mulailah berani menuangkan ide menjadi tulisan.

Disiplin Menulis Setiap Hari

Alhamdulillah dengan motivasi dari suami yang juga sudah terbiasa menulis setiap hari, saya akhirnya juga ketularan virus baiknya. Melalui blog keluarga yang kami miliki, tulisan disajikan setiap hari. Harus mempunyai waktu khusus untuk menulis. InsyaAllah kita bisa konsisten. Niat , mau untuk menulis lalu merealisasikan nya. Niat saja apabila tidak diiringi praktiknya pasti tidak akan terwujud.

Nah, kawan tidak ada alasan untuk tidak menulis. Menulislah dari pengalamanmu, kegiatan harianmu, apa yang anda lihat, yang anda dengar, yang anda rasakan, dan apa yang dimakan, dst bisa menjadi bahan ide tulisan. Imam Syafi’i dalam nasehatnya menyampaikan: “ikatlah imu dengan menuliskannya”. (nra)

#terusmenulis

#day8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 8 July 2019, in asalnulis, caricara, inspiring and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: