Advertisements

Transaksi dengan Allah

Transaksi dengan Allah. Beragam transaksi kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Transaksi dari yang sederhana hingga transaksi dengan nilai jual tinggi. Di pasar hampir setiap waktu terjadi banyak transaksi. Di sekolah atau lembaga pendidikan ada transaksi. Tempat tinggal yang kita tempati setiap hari untuk melepas kelelahan usai beraktifitas di luar rumah pun juga terjadi transaksi. Tentunya semua orang pasti sudah pernah bertransaksi. Transaksi yang berikut ini akan membuat kita keren di dunia dan keren di mata Allah. Yuk , simak 3 transaksi dahsyat nya apa saja.

Dari Ibnu Atho’ilah menyampaikan nasehatnya bertransaksilah dengan Allah ketika matahari menyingsing yaitu dengan tiga transaksi.

  1. Bersedekahlah seperempat dirham setiap pagi agar kita dicatat sebagai golongan orang yang gemar sedekah
  2. Bacalah Al-Qur’an setiap hari meskipun satu ayat agar engkau dicatat sebagai golongan orang yang rajin, gemar baca Al-qur’an
  3. Sholatlah setiap malam meski hanya dua rakaat agar engkau menjadi golongan orang yang gemar sholat malam

Ketiga transaksi di atas akan memudahkan kita kelak ketika menghadap Sang Maha Adil. Saat kita dihisab, dihitung timbangan amal kita maka tiga transaksi  di atas akan menjadikan tunggangan/kendaraan kita kelak menuju tempat yang dirindukan yakni  surgaNya Allah.  Bersedekah tidak perlu menunggu kaya. Kondisi kita lapang maupun sempit kita tetap berusaha untuk bersedekah. Al-qur’an pun mengingatkan  kita bahwa hendaklah orang yang lapang mengeluarkan harta sesuai kemampuannya dan orang yang disempitkan rezekinya tetap berinfaq. Karena harta yang kita sedekahkan ibarat tunggangan kita menuju yaumul hisab.

Nah kawan pembaca setia blog kami, ramadhan sudah setengah perjalanan. Setengah dari ramadhan tersisa ini mari kita perbaiki niatan, transaksi kita dengan Allah adalah transaksi mulia yang nilainya begitu tinggi menurut Allah. Tinggi transaksi nilainya untuk Allah dengan catatan niatnya hanya karenaNya.  Indahnya nasehat Ibnu Atho’ilah apabila kita mau mengamalkannya setiap hari.Di mulai di ramadhan tahun ini. Di mulai dari diri sendiri. Meski kuantitasnya begitu minimalis. Namun Allah begitu mencintai seseorang yang melakukan amalan meskipun itu kecil tetapi senantiasa istiqomah. (nra)

Pahala sedekah walaupun hanya sedikit itu akan terus berkembang pahalanya hingga menjadi besar.
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
.

إنَّ اللهَ يقبلُ الصدقةَ ، ويأخذُها بيمينِه ، فيُرَبِّيها لِأَحَدِكم ، كما يُرَبِّي أحدُكم مُهْرَه ، حتى إنَّ اللُّقْمَةَ لَتَصِيرُ مِثْلَ أُحُدٍ

.
“sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud” (HR. At Tirmidzi)

#CatatanRamadhan1440H

#Day16

#RamadhanKareeem

 

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 21 May 2019, in inspiring, Tanpa kategori and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: