Advertisements

Tentang Nussa dan Rara

Tentang Nussa dan Rara. Saya ingin sampaikan, dengan awamnya saya terhadap tayangan animasi islami untuk anak, saya ingin mengatakan bahwa Nussa dan Rara adalah animasi terbaik, terlengkap, beradab, punya landasan kuat, pilihan kata positif, tak ada model negatif destruktif di tiap episodenya, sampai hari ini saya tonton bersama anak-anak di rumah.

Di Nussa saya liat banyak kebaikan lain :

1. Kemuliaan terhadap anak dengan disabilities (tokoh Nussa dg kaki yg tidak sempurna)

2. Figur kakak laki-laki yg “ideal” utk adik, dan adik yg ideal” untuk kakak. Tanda petik ya….

3. Selain pesan yg bermakna, di animasi ini jg punya landasan syar’i yg kokoh, namun tidak terkesan maksa, karena ia go with flow,aja…

4. Figur keluarga terbangun utuh, lengkap, adik kakak, ayah ibu (meski tokoh ayah belum banyak muncul) d beberapa episodenya.

5. Tidak ada peran manusia antagonis atau manusia sebagai “korban”, tidak ada bully, tidak ada saling merendahkan dan melecehkan, dalam pesan pesan baik yang Nussa sodorkan. Beda dengan beberapa animasi islami yg lain, . Di Nusaa hanya ada tokoh antagonis berupa “setan”, bukan manusia. Ini agak aman untuk modelling anak.

6. Cara penyampaian pesan kebaikan, begitu natural, dari dialog dialog sederhana dua tokoh utama, Nussa dan Rara, tak menggurui, serasa otomatis nancep ke hati anak anak yg nonton. Sepertinya Nussa dan Rara bisa jadi alternatif penting tayangan anak islami masa kini, yg aman dari adegan bully, melecehkan, mengejek untuk lucu lucuan, dll sejenisnya.

Masih banyak, dan perlu disyiarkan lebih luas, kita hadirkan doa juga, agar manajemen Nussa istiqomah selalu, terus berkarya, agar anak anak kita aman dari tayangan tayangan “hoax” dan tidak edukatif.

Nusaa Rara, Indonesia banget.


Dan satu lagi,….
Ada temen yg bilang ke saya, “ada chanel X aman juga buat anak”,. Namun setelah saya liat, itu agak tidak aman buat budaya anak anak di sekitar saya.

Karena apa?

Di chanel itu,
Mandi di kolam renang,pakai pakaian dalam saja,itu biasa.

Beberapa tayangannya juga menurut saya menstimulasi matrealisme dan fashion, seperti koleksi baju, cat kuku, aksesoris anak, dll sejenisnya.

So, saya ingin mengatakan, bahwa Nussa dan Rara RECOMMEND for our kids.
Yuuk tonton dan tunggu episode episode lainnya.

Ditulis oleh: Lalu Yulhaidir
(psikolog anak)

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 5 April 2019, in inspiring and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: