Skip to main content
Mengenal warna dan makna baret TNI brosis

Mengenal warna dan makna baret TNI brosis

Mengenal warna dan makna baret TNI brosis.Beda warna beda makna,mari mengenal warna baret pada TNI☆. Mantemans tentu pernah lihat baret yang dikenakan oleh TNI dengan 3 matranya yakni AD, AU dan AL. Ternyata pengenaan baret serta arah miring baret memiliki makna tersendiri brosis. Monggo disimak gans…

Mengenal warna dan makna baret TNI brosisWarganet Chomara Ade II membagikan tulisan mengenai baret TNI ini di grup facebook Hits From The 80’s & 90’s pada hari Rabu, 01 Agustus 2018. Monggo disimak gans…

Beda warna beda makna,mari mengenal warna baret pada TNI☆

Selain memiliki warna yang berbeda beda, arah kemiringan baret pun memiliki arti tersendiri. Arah miring penggunaan baret menandakan tugas yang diembannya, baret yang dimiringkan ke arah kiri merupakan tanda pasukan yang mempunyai tugas keamanan, pengamanan dan penegakan hukum.

Sedangkan untuk posisi baret yang miring kearah kanan menandakan bahwa pasukan tersebut adalah pasukan yang siap tempur. Posisi baret miring ke kanan ini dikenakan oleh seluruh anggota TNI, kecuali bagi yang berdinas di Polisi Militer.

Baret pada setiap satuan TNI berbeda-beda dan memiliki arti tersendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing satuan.

Banyak orang awam yang tidak memperhatikan atribut yang dikenakan oleh TNI, untuk itu mari kita mengenal warna baret pada satuan TNI :

1.Kostrad (Komando Strategi Angkatan Darat), warna baret hijau dengan lambang Cakra Sapta Agni.

2.Kopassus (Komando Pasukan Khusus), warna merah dengan lambang Tribuana Chandraca Satya Dharma

3.Infanteri, warna hijau dengan lambang Yudha Wastu Pramuka.

4.Kavaleri, warna hitam dengan lambang Tri Daya Cakti.

5.Arhanud (Arteleri Pertahanan Udara), warna coklat dengan lambang Vyati Rakca Bhala Cakti.

6.Armed (Arteleri Medan), warna coklat dengan lambang Tri Shandya Yudha.

7.Zeni, warna abu-abu dengan lambang Yudha Karya Satya Bhakti.

8.Perhubungan, warna hijau dengan lambang Cigrha Apta Nirbaya.

9.Penerbad (Penerbang Angkatan Darat), warna merah dengan lambang Kuda Bersayap.

10.Mabesad (Markas Besar Angkatan Darat), warna hijau dengan lambang Kartika Eka Paksi.

11.Mabes TNI (Markas Besar Tentara Nasional Indonesia) khusus yang berdinas di Mabes TNI semua anggota wajib menggunakan baret warna hitam dengan lambang Tri Dharma Eka Karma

12.Paskhas AU (Pasukan Khas Angkatan Udara) yang memiliki baret warna Oranye

13.Pasukan Marinir dengan baret warna ungu.

(Sumber : goodnewsfromindonesia.id)

#HitsFromThe8090
#MyPost
#InfoHitters
#1JutaHittersAntiHateSpeech

Beberapa warganet menambahi beberapa baret lain untuk memperjelas gambar yang ada.”Satu lagi ketinggalan, RAIDER TNI AD baretnya hijau lumut” terang Sepgio Ramos Garcia. Prabu Irvan Istanto juga memberikan koreksi “Correct dikit utk corps zeni TNI AD skrng sdh ngk pke baret abu2 lagi terakhir tahun 2010 klo ngk slh ganti warna hijau seperti baret infantri trims ” jelasnya.

Sepgio Ramos Garcia juga menjelaskan baretnya Kopaska. “KOPASKA ( KOMANDO PASUKAN KATAK ) baretnya warna merah maroon..” terangnya. Lebih lanjut doi menjelaskan, “Yang baret ungu MARINIR TNI AL (eks KKO AL) ” pungkasnya.

Itulah mantemans Mengenal warna dan makna baret TNI brosis.

Maturnuwun

baca juga :

4 thoughts to “Mengenal warna dan makna baret TNI brosis”

    1. Warna Ungu pd baret Marinir, harus ditambahkan Bougenville, jadi Ungu Bougenville. Paling bergengsi ya baret Marinir, karena tdk pernah terlibat Pelanggaran HAM Berat atau Ringan. Dan pasukan penyelamat Ibu kota dari Kerusuhan Massal, Reformasi 1998 -1999.

Tinggalkan Balasan