Skip to main content

Hari ke 15 Ramadhan

Puncak Ramadhan.Tak terasa ramadhan sudah memasuki puncaknya. Pagi ini ba’da sholat subuh saya masih menyelesaikan tilawah Al Qur’an sampai menjelang sholat dhuha tiba. Entah mengapa ada sesuatu di hati yang rasanya tak ingin mengakhiri lisan ini melafalkan satu demi satu ayat-ayat Nya. Ada getaran hati terasa. Merenungi dan menangisi betapa sampai puncak ramadhan ini merasa belum maksimal mengisi tamu istimewa bernama ramadhan.

Malu kepada Sang Maha Pemberi nikmat, malu atas amalan-amalan yang begini-begini saja dihadapanNya. Rabb ampuni atas semua kesalahan dan dosa yang tak terhitung, lisan yang tak terjaga, telinga yang dengan sengaja menyimak aib-aib saudaranya.  Menit demi menit yang terlewatkan dengan aktivitas yang tak bermakna. Astagfirullah. Nampaknya aku belum ridho jika ramadhan sudah memasuki puncaknya.

Target tahunan di ramadhan yang mestinya tak hanya secara kuantitas saja dituliskan dan ditunaikan, namun apakah target-target ramadhan yang sudah berderet-deret kita tuliskan sudah memberikan efek dan pengaruh kebermaknaan pada diri ini. Jangan-jangan hanya menjadi rutinitas target tahunan yang selalu berhasil kita selesaikan sesuai capaian. Tanpa ada isi kebaikan-kebaikan seusai ramadhan.

Padahal Sang Maha Rahman sudah memberikan hadiah ramadhan di usia yang sudah harusnya semakin produktif dan semangat mengisi hari-hari ramadhan.

Kawan pembaca blog, mari kita merenung sejenak dan mengevaluasi setengah perjalan dari ramadhan ini. Hari ini kita sudah berada di puncak ramadhan, artinya perlahan kita akan turun setapak demi setapak hingga pasti ramadhan akan berlalu meninggalkan kita.

Mari mumpung masih diberi waktu bersama ramadhan, mari untuk melakukan amaliyah yang belum maksimal kita lakukan. Perbaikan untuk tilawah kita, sholat malam kita, amaln-amalan sunnah pula tentunya. Seperti yang dipesankan oleh Rasulullah Muhammad SAW:

“seandainya kalian tahu apa keutamaan yang terdapat pada bulan ramadhan niscaya kalian akan berangan-angan bahwa sepanjang tahun adalah bulan ramadhan”.

Semoga hari-hari ramadhan tersisa ini kita maksimalkan dengan  amalan-amalan unggulan. Meminta diampuni kesalahan dan dosa kita terdahulu dan sekarang melalui lantunan do’a-do’a indah kepada Nya. Karena jangan sampai ramadhan yang sudah separuh berlau kita tak dapatkan ampunanNya.(NRA).

Allah Sang Maha Pemurah,

Ampuni seluruh khilaf, dosa yang bertumpuk-tumpuk

lisan yang tak terjaga

prasangka kepada saudara

hawa nafsu yang hilang arah

amarah yang tak menuai berkah

berikan ampunanMu ya Rabb

Jangan Engkau hinakan kami

Tetapkanlah kami didalam islam dan iman

Jagalah kami senantiasa dalam poros kebaikan

Hingga kami bertemu di Jannah yang telah Engkau janjikan

#OptimalkanAmalRamadhan

#RamadhanBerbagiInspirasi

#FLPGresik

#Day15

3 thoughts to “Hari ke 15 Ramadhan”

Tinggalkan Balasan