Skip to main content
Ingin Anak Cinta Buku, Simak Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Perpustakkan Mini di Rumah Pendamping Anak-Anak Berpuasa Ramadhan

Perpustakkan Mini di Rumah Pendamping Anak-Anak Berpuasa Ramadhan.Kawan bagaimana kabar puasanya hari ini? semoga Allah menguatkan dan meluruskan niat berpuasa kita hanya karenaNya.

Alhamdulillah anak-anak di rumah hingga memasuki hari ke delapan ini masih terjaga dan bersemangat berpuasa. Kalo si kecil masih berlatih puasa setengah hari. Bagi para orangtua mengisi kegiatan ramadhan bagi anak-anak di rumah diupayakan se kreatif mungkin. Mulai membuat aktivitas harian dengan target tertentu sesuai kesepakatan. Misalnya dengan membuat target membaca buku setiap hari untuk mereka. Ya, perpustakaan mini di rumah kami cukup membantu mendampingi anak-anak berpuasa ketika ramadhan. Meskipun koleksinya belum begitu banyak.

Buku-buku bergizi sebaiknya kita hadirkan di rumah kita untuk membiasakan gemar membaca. Pembiasaan postitif perlu ditanamkan sejak usia dini. Sejak berumah tangga kami berupaya mengalokasikan sebagian rezki untuk membeli buku.  Mendekatkan anak dengan buku bacaan adalah solusi untuk mengalihkan dan menggantikan kebiasaan umum anak-anak masa kini, yaitu banyak dijumpai anak lebih senang bermain gadget.

Melalui peran buku bacaan, anak akan cenderung memilih idolanya seperti yang ia baca dalam buku, dan pada akhirnya anakpun akan mengikuti perilaku idolanya tersebut. Ya, buku bacaan berperan penting dalam kehidupan anak, mengisi waktu berharga di usianya dengan membiasakan mendekatkan anak dengan buku bacaan.

Sehari memberikan waktu khusus untuk baca buku. Karena dari baca buku kita jadi tau. Seperti halnya pernah yang dikatakan anak pertama: “…asalnya aku ga tau bunda, kisah kelahiran Muhammad Rasulullah dan sekarang aku jadi tau bagaimana kisahnya”. Pembiasaan baca buku di rumah kami atur setiap hari di waktu ba’da sholat maghrib.

Alhamdulillah meski harus selalu mengingatkan anak-anak dan butuh ketelatenan tentunya. Semoga pembiasaan baca buku ini juga menjadi inspirasi kelu arga lainnya.

#RamadhanBerbagiInspirasi

#FLPGresik

#Day9

Tinggalkan Balasan