Advertisements

Biar gak Tong Kosong Bunyi Nyaring, Hayuuk baca buku brosis…

Biar gak Tong Kosong Bunyi Nyaring, Hayuuk baca buku brosis…Ketika masih SD kita tentu pernah mendengar bunci peribahasa diatas yakni Tong Kosong Nyaring Bunyinya. Arti dari peribahasa ini yakni Orang yang bodoh atau tidak berilmu selalu banyak bicara atau Orang yang banyak bicara biasanya tidak berilmu. Hal ini memang bukan sesuatu yang mutlak benar adanja namun kadangkala semacam itu. Nah biar gak gak asbun maka marilah kita banyak-banyak baca diantaranya buku brosis….

Sebuah tulisan menarik dari seorang kawans mengenai pentingnya banyak-banyak membaca karena akan terlihat bedanya antara orang kurang update dengan yang banyak pengetahuan dan wawasan. Dari cara bertutur kata, bertindak dan bersikap secara matang tanpa tergesa-gesa dan berteriak seperti orang tak waras. Monggo dibaca gans…

Crystallized Intelligence

_
Homo unius libri, sebuah ungkapan dari Bahasa Latin yang artinya seseorang dengan satu buku.

_
Tangga pengetahuannya hanya bersandar pada tembok yang mudah rapuh sehingga untuk meyakinkan kepada orang lain dia akan berujar secara membabi buta.

_
Dia akan selalu berujar dengan diksi acak apa adanya untuk menutupi kebodohannya, alih-alih dia belajar.

_
Membaca bukanlah hanya pekerjaan melihat deretan aksara. Lebih dari itu, yakni menyerap kristalisasi ilmu pengetahuan.

_
Crystallized Intelligence adalah sebuah bahasa psikologi yang bermakna kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah yang dipengaruhi oleh pengalaman, pendidikan dan kebudayaan yang sudah ada sebelumnya.

_
Buku adalah sumber dari Crystallized Intelligence. Kita tidak perlu repot untuk mengikuti pengalaman orang lain selama belasan tahun, ratusan tahun, bahkan ribuan tahun.

_
Cukup memperbanyak dan memperluas bacaan untuk menyerap informasi yang bisa digunakan untuk memperkokoh jati diri.

_
Apakah perintah membaca dalam Kitab Suci masih berlaku? Jika iya, ambillah pengetahuan yang tak terbatas di semesta ini untuk kehidupanmu!

***

Semoga kita menjadi makhluk yang tak hanya berteriak tanpa solusi atau berbicara berbusa-busa tapi tanpa arti. Perbanyak membaca akan meningkatkan wawasan, pengetahuan dan informasi sehingga suatu saat nanti akan berguna baik bagi diri sendiri, masyarakat , bangsa dan negara. Amin.

Dan parahnya minat baca di negara kita semakin hari kian menipis. Generasi milenial  lebih suka ngeksis asal jeplak tanpa dibarengi dengan minat baca yang tinggi. Ini semua PR bersama untuk membangkitkan budaya literasi yang semakin terkena abrasi teknologi informasi. Daya visual dalam gadget telah menghapus imajinasi liar dalam pikir ketika membaca buku aslinya.

Yuuk banyak baca gans…

sumber : fb Mh Badrut Tamam (08/04/2018)

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 9 April 2018, in inspiring and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Mantap kang… Mai budayakan membaca dan memperbanyak ilmu pengetahuan yg bermanfaat.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: