Skip to main content

Antara Onde-Onde dan Kue Dadar, ada yang salah?

Antara Onde-Onde dan Kue Dadar, ada yang salah?. Bagi beberapa orang mungkin pernah mendengar camilan khas tradisional ini yakni Onde-Onde dan Kue Dadar Gulung. Bagi mantemans di Surabaya dan sekitarnya yang sering nongkrong di warung kopi tentu tidak asing dengan dua camilan ini. Seringkali keduanya berdampingan mesra dalam penyajiaannya. Adakah yang salah dengan Onde-Onde dan Kue Dadar Gulung?

Mengutip wikipedia, Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia.Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau.

Sementara Dadar Gulung dibuar dari kulit dadar tipis yang terbuat dari tepung diisi dengan parutan kelapa dan gula jawa cair yang kemudian digulung. Warna hijau pada adonan kulit didapat dari pewarna alami (daun suji/pandan) atau pewarna buatan (essens pandan).

KHS tidak tahu sejarah dari onde-onde maupun kue dadar gulung tersebut. Setahu KHS mereka tersaji dijajanan warung-warung kopi menemani ngobrol. Setahu KHS pula mereka memiliki fansboy alias penggemar masing-masing sehingga kadangkala seringkali cepat habis.

Bagi penyuka onde-onde tentu mereka akan mengunggulkan dan mengagungkan cita rasanya. Hal serupa juga dilakukan oleh para penggemar kue dadar gulung. Memang perdebatan diantara keduanya tidak muncul ke permukaan dan memang tidak perlu muncul kepermukaan. Apakah penggemar onde-onde dan kue dadar salah dengan pilihannya masing2 ?.

Menurut KHS sih yang salah adalah habis makan onde-onde dan kue dadar tapi sengaja gak bayar?Β  xixixixixi. Yuuk selamatkan kue jajanan nusantara gans…hati-hati provokasi dan agitasi untuk memecah belah keguyuban warung kopi kita…hehehe.

Maturnuwun

baca juga :

4 thoughts to “Antara Onde-Onde dan Kue Dadar, ada yang salah?”

  1. Nggak ada yang salah.. Klo menurut ku yg salah yg nulis postingan ini😜😜😜😜

    Sama yg koment juga wkwkwkwwk

    Apalagi aku, jadi ikut nerasa bersalah. Suka banget makan, tapi baru tau nama makananya. Kue dadar gulung. Sekitar dua minggu ini hampir setiap agi, aku makan kue dadar gulung tapi baru tau namanya sekarang. Untung aja ada gambarnya. Klo nggak ada malah aku ngak bakal tau. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Tinggalkan Balasan