Skip to main content

5 Kebiasaan ini ternyata bisa bikin tubuh kelihatan tua brosis…

5 Kebiasaan ini ternyata bisa bikin tubuh kelihatan tua alias penuaan dini brosis…Bukannya kita menolak menjadi tua tetapi kalau tua karena salah kebiasaan itu adalah sebuah keprihatinan. Selagi usia muda tentu kita berharap sehat segar bugar dan tentu hal ini bisa kita teruskan hingga usia tua. Nah monggo disimak gans 5 Kebiasaan yang ternyata bisa bikin tubuh kelihatan tua brosis…

5 Kebiasaan ini bisa bikin tubuh kelihatan tua brosis…

1. Gemar makanan atau minuman manis.

Siapa yang tak tergoda dengan semangkuk es campur atau sepotong kue cokelat? Makanan atau minuman tinggi gula tak hanya bisa menambah lingkar pinggang, tetapi juga bisa membuat kulit Anda terlihat lebih tua.

Gula yang beredar di dalam darah akan berikatan dengan protein dan membentuk AGE atau advanced glycation end products.

Semakin banyak gula yang Anda konsumsi, semakin banyak pula AGE yang terbentuk dan merusak protein di sekitarnya, seperti kolagen dan elastin (yang dibutuhkan oleh kulit untuk tetap kencang dan elastis). Akibatnya, Anda pun akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

2. Menonton TV selama berjam-jam.

Menonton serial televisi favorit atau yang sedang diperbincangkan memang membuat lupa waktu. Tak jarang Anda biasa menghabiskan waktu dengan duduk di depan TV hingga berjam-jam. Padahal, berdasarkan penelitian dari British Journal of Sports Medicine yang dilakukan pada 11 ribu orang yang berusia di atas 25 tahun, setiap 4 jam waktu yang dihabiskan duduk di depan TV akan mengurangi harapan hidup sebesar 22 menit.

Bahkan, mereka yang duduk menonton TV 6 jam setiap harinya, usia harapan hidupnya berkurang 5 tahun dibanding mereka yang tidak melakukannya. Hal ini berkaitan dengan tubuh yang tidak aktif bergerak ketika duduk atau berbaring secara terus-menerus. Kuncinya adalah rajin berolahraga.

ilustrasi tua

3. Sering begadang.

Harus lembur menyelesaikan pekerjaan, ada film favorit, main game, atau sekadar belum mengantuk menjadi beragam alasan sebagian orang untuk tidur larut.

Padahal, menurut studi yang dilakukan oleh rumah sakit St. Joseph di Amerika Serikat (AS), kurang tidur bisa berkaitan dengan menurunnya harapan hidup seseorang.

Jumlah waktu tidur yang optimal adalah 7–8 jam sehari. Kurang tidur tak hanya membuat tubuh Anda lebih cepat tua, tetapi juga dapat menyebabkan Anda kelelahan di siang hari sekaligus sulit berkonsentrasi.

4. Menghindari lemak sama sekali.

Bagi Anda yang sedang berdiet, lemak ibarat musuh utama yang harus dijauhi. Padahal, tidak semua lemak buruk untuk kesehatan.

Beberapa lemak baik seperti asam lemak omega-3 pada ikan salmon dan makarel, beberapa kacang-kacangan seperti kacang kenari dan almon, atau biji-bijian seperti flax seed, sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan kulit. Sebagai bonus, Anda pun akan terlihat awet muda. Academy of Nutrition and Dietetics, AS, menganjurkan untuk konsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu.

5. Sering stres.

Stres memang sulit untuk dihindari apalagi bila sehari-hari Anda dihadapkan dengan setumpuk pekerjaan, tagihan, kemacetan, atau konflik dengan pasangan. Padahal, stres dapat meningkatkan hormon kortisol dan norepinefrin di dalam peredaran darah, sehingga berakibat pada peningkatan tekanan darah dan menurunkan imunitas tubuh.

Selain itu, stres yang berkepanjangan bisa meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah dan pengecilan otak, yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat ingat dan fungsi berpikir sebelum waktunya.

Demikianlah mantemans 5 Kebiasaan ini ternya bisa bikin tubuh kelihatan tua brosis…

sumber : jpnn.com/lifestyle

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Tinggalkan Balasan