Skip to main content

Mukena ghaib, bisa dipakai tapi orangnya gak bisa kembali….weladalah

Mukena ghaib, bisa dipakai tapi orangnya gak bisa kembali….weladalah. Sebuah kisah misteri yang ada di Madura mengenai keberadaan Mukena Ghaib atau rukuh ghaib. Mukena adalah seperangkat alat sholat bagi kaum perempuan muslim yang biasanya berwarna putih. Nah ada kisah misteri dengan Mukena ini yang katanya berasal dari Madura. Monggo disimak gans…

KHS mendapatkan cerita urban legend ini dari Cak Tamam yang diunggah dilaman facebooknya pada tanggal 11 Januari 2017. Monggo disimak gans…

Ini adalah kisah yg pernah di ceritakan kakek sy dari madura (salah satu penyebab kenapa dulu sy penakut bgt mgkin krn overdosis cerita hantu)

Mukena ghaib

Tersebutlah seorang ‘pintar’ di sumenep madura,yg punya kemampuan menyembuhkan penyakit mirip tabib atau dokter,bahkan bs menemukan benda2 yg hilang. Beliau juga memiliki bnyk benda keramat,dari tasbih,keris,sabuk.

Suatu hari, beliau kedatangan cucu nya yg masih berusia 7tahun,cucunya ini sangat aktif,membongkar lemari,meja,hingga isi kamar si kakek.

Melihat tingkah cucunya,si kakek tidak marah,dia membiarkan cucunya bermain dengan semua barang di rumahnya sampai ia menyentuh laci lemari paling bawah.

“Apa ini?” tanya si cucu.

“Mukena” jawab kakek singkat sambil langsung membereskan mukena tersebut dan menaruh di atas lemari supaya tidak dpt di raih lg.

“Sudah ya nak,bole main apa saja disini,tapi mukena tidak bole disentuh”

Si cucu mengangguk pelan.

Malam itu,si cucu menginap di rumah kakeknya.

Keesokan hari nya,seisi rumah panik,karena ternyata si cucu menghilang.cucu perempuan satu2nya.menghilang.raib ditelan bumi. Seluruh anggota keluarga dan tetangga ikut mencari namun sampai hari berganti gelap,si cucu tidak ditemukan. Lalu sang kakek tiba2 teringat sesuatu. Dia berlari ke kamarnya dan meraba barang di atas lemari..

“MUKENANYA TIDAK ADA” jerit si kakek.

“Itu mukena peninggalan mbah buyut,kalau dipakai orang,orang itu akan hilang,mukenanya tidak bisa di buka sendiri,harus orang lain yang membuka kan” lanjut si kakek,mendengar hal tersebut ibu nya menangis sejadi jadinya.

“Trus bagaimana cara menolongnya?”

“Nanti,ketika kalian smua solat sendirian di suatu malam,kemudian merasa ada yang jadi makmum di belakang kalian dan ikut solat,itu cucu saya,jangan takut,bantu dia melepas mukenanya” pinta kakek kepada seluruh anggota keluarga dan tetangga.

Kenyataannya ketika ada tetangga atau kerabat yg di ‘datangi’ oleh si cucu, mereka lari ketakutan bahkan ada yg pingsan.hingga saat ini berpuluh puluh tahun,si cucu masih menghilang,si kakek sudah lama wafat. Orang terakhir yg di ‘datangi’ blg si cucu sudah berbentuk orang tua,nenek2,bukan anak2 lagi..

Karena itu bagi teman2 yg sdg solat sendirian,dimana saja,kemudian merasa ada yng ikut solat di belakangnya,dan meminta tolong,memanggil nama teman2..jgn takut.jgn lari.jgn pingsan..bantu beliau melepas mukenanya.

-mampyon

*ilustrasi belaka
Cerita sudah di modifikasi tanpa menghilangkan keasliannya

***

Well, bisa jadi kisah diatas terdapat moral story yakni dilarang buat main-main mukena karena dikwatirkan kotor dan najis sehingga tidak layak untuk digunakan sholat lagi…hehehe.

Mungkin ada brosis punya kisah serupa bisa dibagi dimari…

sumbe : fb Tamam Jauhar

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

 

7 thoughts to “Mukena ghaib, bisa dipakai tapi orangnya gak bisa kembali….weladalah”

Tinggalkan Balasan