Skip to main content

Daftar penyakit katastropik yang tidak ditanggung penuh oleh BPJS

Daftar penyakit katastropik yang tidak ditanggung penuh oleh BPJS. BPJS sedang mengalami defisit keuangan sehingga melakukan beragam cara untuk berlepas darinya. Salah satu rencananya adalah tidak menanggung penuh beberapa penyakit yang disebut sebagai penyakit yang butuh perawatan medis lama dan berbiaya tinggi (katastropik). Penyakit kategori katastropik ini nantinya akan cost sharing alias berbagi biaya antara peserta JKN dan BPJS alias sudah tidak dicover secara penuh lagi. Monggo disimak Daftar penyakit katastropik yang tidak ditanggung penuh oleh BPJS.

Mengutip kontan.co.id (24/11), berikut Daftar penyakit katastropik yang tidak ditanggung penuh oleh BPJS yakni terdapat 8 penyakit.

Kedelapan penyakit katastropik itu adalah :
1. Jantung
2. Gagal ginjal
3. Kanker
4. Stroke
5. Sirosis hepatitis
6. Thalasemia
7. Leukimia
8. Hemofilia. 

Sekedar diketahui Per 1 November 2017 total peserta JKN 183,57 juta orang dan hingga akhir 2017 diperkirakan peserta BPJS 183,13 juta orang.  Sekedar diketahui untuk penyakit jantung misalnya, sepanjang Januari-September 2017 saja, ada 7,08 juta kasus dengan total klaim mencapai Rp6,51 triliun.

Pada tahun 2016, ada 6,52 juta kasus dengan total biaya Rp7,48 triliun. Bahkan sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, ada 10,80 juta kasus dari delapan penyakit katastropik yang menguras biaya BPJS Kesehatan sebesar Rp12,29 triliun. Jumlah itu setara dengan 19,68 persen dari total biaya pelayanan kesehatan yang BPJS Kesehatan hingga September 2017.

Rencana kebijakan cost sharing ini nantinya tidak dibebankan kepada seluruh  peserta BPJS Kesehatan tapi bagi peserta JKN dari golongan mampu atau peserta mandiri.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Tinggalkan Balasan