Skip to main content

Beda jaman beda cerita kalau merespon ada orang kena musibah

Beda jaman beda cerita kalau merespon ada orang kena musibah. Keberadaan teknologi informasi khususnya pesatnya pertumbuhan kamera membuat semua dan segala sesuatu menjadi drama. Kamera yang awalnya berupa kamera saku dan SLR, DSLR sehingga hanya terbatas kepada orang tertentu. Kini setiap gawai terdapat kamera sehingga siapapun anda bisa menjadi sumber berita. Masalahnya kadang antara rasa kesetiakawanan dan kepedulian itu harus bergelut dengan sok wartawan mengabarkan paling depan sebuah kejadian atau kecelakaan. Monggo disimak Beda jaman beda cerita kalau ada orang kena musibah.

Kalau dahulu ada musibah kecelakaan maka orang-orang akan segera berdatangan untuk memberikan pertolongan. Namun kini mereka khususnya generasi milenial juga ramai berdatangan namun bukan dalam rangka untuk memberikan pertolongan pertama namun lebih mendokumentasikan kegiatan. Serba dilemah juga namun begitoelah adanya di sekitar kita. Tidak salah memang mendokumentasikan sebuah kejadian namun semoga tidak sebatas itu saja.

“Orang sekarang lebih mendahulukan eksis, kadang sampai narsis. Dan kurang nya jiwa sosialnya..“ujar Mbah Ngademin di grup facebook Gresik Sumpek mengomentari foto-foto tersebut.

Ini semacam otokritik untuk siapapun khususnya penulis agar tetap peka dan peduli dengan berbagai kejadian di sekitar kita. Semoga tidak hanya sebatas memfoto dan mendokumentasikan semata namun langkah selanjutnya seperti apa. Agar kejadian didepan mata khususnya yang darurat itu tidak berlalu begitu saja. Terlebih berhubungan dengan nyawa seseorang.

Beda jaman beda cerita kalau merespon ada orang kena musibah. Semoga otokritik ini menyadarkan nilai kemanusiaan kita sebagai penjabaran sila ke-2 Pancasila yakni Kemanusiaan yang adil dan beradab. Monggo memfoto tapi selanjutnya tidak hanya share atau diviralkan namun mesti bagian dari solusi sebuah peristiwa atau kejadian.

maturnuwun

baca juga:

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Tinggalkan Balasan