Advertisements

Rahasia Sukses Orang Madura (versus Jawa)

Rahasia Sukses Orang Madura (versus Jawa). Pulau Madura terkenal dengan garamnya namun orang Madura terkenal dengan keuletannya dan karapan sapi budayanya. Dibelahan bumi khususnya di Tanah Jawa bisa dipastikan ada orang Madura terdiaspora. Baik aseli Madura maupun Madura keturunan. Ciri khas Madura tidak bisa dilepaskan dari Sate, Soto, Usaha jual beli besi tua serta ramuan khas Madura. Nah berikut Rahasia Sukses Orang Madura (versus Jawa) menurut catatan dari Mpok Precil. Monggo disimak gans…

Catatan Mpok Precil – (Asli orang jawa)

RAHASIA SUKSES ORANG MADURA

Madura adalah suku yg unik. Ceplas-ceplos, pekerja keras, cuek, pemberani dan penganut Islam yg taat. Pada orang kebanyakan, meski pendidikan formal mereka gak tinggi2 sekali seperti gunung, tapi dalam hal kehebatan mengelola keuangan gak kalah sama manager keuangan perusahaan bonafid. Jangan heran walaupun kerja mereka jualan sate, penambang batu, dagang barang bekas dan semacam usaha informal lainnya, tapi mereka bisa pergi naik haji, punya rumah bagus, kendaraaan bagus dan emas berkilau2 di sekujur tubuh.

Mari kita teliti perbedaan cara hidup kita dengan orang Madura. Ini yg membuat mereka meluncur bak roket, sementara kita diam di tempat seperti batu.

1. Saat memulai usaha.
Kita : Selalu berpikir modal harus sekian. Alat harus bagus agar menarik perhatian konsumen. Akhirnya kalo modal gak gede jadi malas usaha.

Orang Madura : Modal apapun bisa dipakai, sesuai yg dimiliki. Misalnya untuk jualan sate cukup pakai nampan kayu. Sekilo daging ayam di potong tipis2 lalu di tusuk2 lidi. Jadilah sate yg bs di jual untuk orang sekampung. Hari ini bs jual sekilo, besok naik lagi.

2. Saat belanja bumbu.
Kita : Pilih yg bagus walo harga pasti lebih mahal.

Orang Madura : Tak perlu yg mahal2. Asal sudah nyampur kan rasanya enak.

3. Saat berjualan.
Kita : Kalo tidak laku semua ya sudah. Besok masih ada waktu.

Orang Madura : Jualan ya harus habis. Kerja maksimal.

4. Cara mudik.
Kita : Tiap lebaran mudik. Apalagi sudah dapat thr, saatnya belanja sampai toko tutup. Dibelain umpel2an, spt mau perang. Tiket transport menuju kampung mahal pun tak masalah.

Orang Madura : Mudik juga, tapi tiap lebaran haji. Karena liburan idul fitri orang sedang banyak uang, banyak jalan2. Sate laris manis. Kalo lebaran haji kan orang sudah bikin sate di rumah masing2. Masa vakum ini saatnya pulkam. Jalan gak macet, tiket gak naik.

5. Penghargaan terhadap pendapatan.
Kita : Menghargai hasil kerja keras dgn wisata2, penampilan trendi & wangi, rumah yg cantik, pesta2, ambil kredit ini itu.

Orang Madura : Menghargai hasil kerja keras dgn menyimpan duitnya rapat2. Kalo sudah cukup dibelikan sapi yg bisa beranak pinak, piaranya di kampung. Beli emas juga yg tiap tahun harganya naik. Stl beberapa tahun sapi2 dan emas dijual, bs untuk beli tanah. Nabung lagi, terus bisa bikin rumah. Rumah baru di sewakan, nambah asset lagi, minimal bisa beli sepeda motor baru tanpa dit..dit..dit (kredit)

6. Hasil akhir.
Kita : Sudah bekerja lama, hasilnya yaaaaa…. rumah masih ngontrak atau nebeng di Pondok Mertua Indah. Malah makin pusing kalo harga2 sembako dan bbm naik. Apalagi masa kerja habis, kiamat deh.

Orang Madura : Sudah bekerja lama, apa2 punya. Saatnya naik haji, kenduri, pake baju dan perhiasan terbaik.

Begitulah orang Madura. mari pelajaran yg bs di petik : mereka tak sekedar kerja keras, tapi juga cerdas mengelola pendapatan. Pintar berinvestasi. Mungkin ini karena pulau mereka banyak pelautnya. Tiap hari sejak balita sudah makan lauk ikan yg kaya protein. Berbanggalah yg jadi orang Madura, pintar2. Seperti orang Jepang yg konon cerdas2 karena suka makan ikan.

Bicara mereka juga ceplas-ceplos, jujur tanpa basa-basi. Itu mungkin yg bikin TKW dan TKI dari Madura gak pernah terdengar di siksa majikan asing. Saking pintarnya mereka bisnis, kadang saya pikir mereka kerja gak cari uang, tapi uang yg nyari mereka, hehehehe.

Salut untuk orang Madura. I lov u Full.

****

Nah begitulah mantemans Rahasia Sukses Orang Madura (versus Jawa). Sampeyan bisa protes atau tidak setuju dengan tulisan diatas namun kenyataan di lapangan tidak terbantahkan alias shohih…hehehe

sumber : facebook

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 29 September 2017, in inspiring and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Sebaiknya judulnya cukup “rahasia sukses orang madura”. Kalau ditambahin dengan “versus Jawa” kesannya jadi rasialis.

    Btw artikelnya sangat inspiratif, saya setuju.

    Like

  2. wah bagus juga nih artikelnya.. sambil nahan ketawa juga (aku orang jawa)

    Like

  3. Waduh,…aku Jawa tapi pengelolaan asset dan keuangan sama dg org Madura e mas…anti kredit, beli perkebunan cengkeh, rumah, mobil cash all…dandan sederhana (malah cenderung nggembel -ben gak diutangi wong gak jelas) kuat nabung dan investasi (saham,obligasi dan property) hehehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: