Skip to main content
daerah potensi bencana kekeringan di jawa timur tahun 2017

Waspada Kabupaten di Jawa Timur ini Darurat Bencana Kekeringan

Waspada Kabupaten di Jawa Timur ini Darurat Bencana Kekeringan. Musim kemarau yang berkepanjangan berpotensi terjadinya bencana kekeringan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur merilis 13 kabupaten/kota dari 23 wilayah di Jatim yang berpotensi mengalami bencana kekeringan. Berikut wilayah-wilayah yang masuk tersebut…

“Saat ini memang ada 13 kabupaten/kota yang menyampaikan surat pernyataan tanggap darurat bencana kekeringan, sedangkan 8 kabupaten/kota masih dalam proses di pemerintah kabupaten/kota dan 2 kabupaten/kota menyatakan masih ada sumber air. Tapi terlepas dari itu, droping air dari Pemprov terus dilakukan,” ujar Kepala BPBD Jatim Sudarmawan sebagaimana diberitakan jpnn.com (12/9/17).

Sudarmawan menjelaskan, di Jatim terdapat 422 desa yang masuk ancaman kekeringan. Sampai saat ini daerah terdampak kekeringan terdapat 168 desa. Lima wilayah terparah kekeringan adalah Gresik sebanyak 31 desa, Tuban 21 desa, Pamekasan 18 desa, Lumajang 17 desa dan Sumenep 14 desa.

Sementara itu mengutip suarasurabaya.net (11/09/2017), Stasiun Klimatologi Malang di Karang Ploso telah merilis hasil monitoring hari tanpa hujan di Wilayah Jawa Timur. Sedikitnya, 8 daerah di Jatim telah memasuki kekeringan ekstrem karena mengalami hari tanpa hujan sangat panjag (31 sampai 60 hari).

Delapan daerah yang mengalami kekeringan adalah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Malang, Probolinggo, Bondowoso, Jember, dan Banyuwangi.

Well, bagi mantemans di Jawa Timur khususnya daerah-daerah dimaksud bisa siap siaga menghadapi potensi bencana kekeringan ini. Info sementara dari BMKG hujan diperkirakan baru akan turun pada bulan November 2017.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Tinggalkan Balasan