Skip to main content

Niat basmi kutu rambut justru 2 anak meninggal dunia karena pakai pestisida

Niat basmi kutu rambut di kepala justru 2 anak meninggal dunia karena pakai pestisida. Duka menyelimuti warga di Dusun Tegal Ombo RT 02, RW 05, Kelurahan Kiringan, Kecamatan Boyolali Kota, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. 2 anak meninggal dunia dan 2 orang dirawat intensif karena salah memakai pembasmi kutu rambut yang ternyata pestisida.

Ceritanya pada Jumat malam (25/8) sekitar pukul 21.00 WIB, Akhir Rustiyani (35) meminta salah seorang tetangga, Miyati, untuk mengoleskan obat kutu yang tak diketahui mereknya ke rambut korban dan anak-anak mereka yakni Khamila (5), Qoulan Shaqilla (9) dan  Klarissa (12). Pasca diolesi ke rambut mereka keracunan yakni mendadak pusing-pusing, mual-mual, dan lemas.

Kondisi yang semakin memburuk akhirnya mereka berempat dibawa ke rumah sakit sekitar pukul 23.00 WIB oleh Suhardi. Sang ibu, Klarissa, dan Khamila dibawa ke RSUD Pandan Arang, Boyolali. Sedangkan Qoulan Shaqilla dilarikan ke Rumah Sakit Umi Barokah, Boyolali. Namun takdir berkata lain Qoulan meninggal dunia pada Sabtu (26/8/2017). Sementara adiknya bernama Khamila juga meninggal dunia pada Minggu pagi (27/8/2017). Saat ini sang ibu dan puteri sulungnya Klarissa (12) masih menjalani perawatan di RSUD Pandanarang, Boyolali.

Informasi yang dihimpun,  obat hama tanaman yang dipakai korban bermerek Diazinon. Diazinon merupakan insektisida yang biasa digunakan untuk membasmi hama tanaman seperti kutu loncat, kutu putih, dan hama pengisap buah kakao. Selanjutnya pestisida tersebut dicampur air dan dioleskan ke rambut.

“Sejumlah saksi sudah kita periksa dan kita amankan botol diazinon yang diduga dioleskan ke rambut korban untuk mengusir kutu. Serta kita koordinasi dengan dinas BPOM untuk melakukan penelitian sisa insektisida,”kata AKP Miftakhul Huda, Kasatreskrim Polres Boyolali, Senin (28/8/2017) sebagaimana diberitakan http://regional.kompas.com (28/8/2017)

Well, semoga menjadi perhatian bersama agar tidak gegabah dan sembarangan ketika mengusir kutu rambut. Meskipun sama-sama jenis hama namun beda ladang dan garapan kawans. Mending mencari obat khusus kutu rambut yang ada di pasaran tersedia seperti Tumbonan, Peditox, Anti Lice Shampoo, Kutu Out (KO), Permethrin, Neutralice Advance,Malathion, Benzyl Alcohol dan Lindane Shampoo. Atau cari di apotik terdekat ya brosis…

baca juga :

6 thoughts to “Niat basmi kutu rambut justru 2 anak meninggal dunia karena pakai pestisida”

Tinggalkan Balasan