Skip to main content

Asyiknya Kuliah Matrikulasi di Magister Media dan Komunikasi Unair 2017

Asyiknya Kuliah Matrikulasi di Magister Media dan Komunikasi Unair 2017. Ini pengalaman pribadi KHS mengikuti kuliah matrikulasi bagi mahasiswa Media dan Komunikasi Universitas Airlangga 2017. Kuliah matrikulasi ini sifatnya wajib bagi mahasiswa yang s1 nya tidak linier ataupun linier namun atas rekomendasi dosen pewawancara. Bagi KHS yang non linier tentu wajib mengikuti kuliah semacam pengantar memasuki dunia Media dan Komunikasi ini. yuuk disimak brosis…

Kuliah matrikulasi ini sifatnya wajib dan ada biaya matrikulasi sebesar Rp.4.000.000 untuk setiap mahasiswa. KHS mengikuti matrikulasi ini selama 6 hari yakni pada tanggal 1 – 7 Agustus 2017. Waktu kuliah matrikulasi ini pada jam 16.00 WIB hingga 20.00 WIB yang di gedung C 201. Bobot matrikulasi ini 2 SKS untuk setiap materi masbrow dan mbaksis.

Ada sekitar 21 mahasiswa yang wajib matrikulasi dari 30 mahasiswa baru s2 Media dan Komunikasi. Sebuah pengalaman pertamax menginjak bangku kuliah setelah meninggalkan tahun 2008 silam…hehehe. Dan kursi dengan papan lipat sudah tidak ada lagi….ahihihi. Padahal itu sangat memudahkan untuk berdiri atau akan duduk tanpa perlu memainkan gerakan putar pada pantat…ahihihi.

Kuliah perdana tentu lebih banyak diawali dengan kenalan kanan kiri masbrow. Beberapa mantemans ada yang sudah bekerja, fresh graduate maupun lagi wait see di dunia kerja…hehehe. Secara geografis mantemans yang belajar ini sebagian besar masih di pulah jawa meskipun ada 1 mahasiswi dari Sorong, Papua. Komposisi laki perempuan sepertinya 40 % untuk mahasiswa dan 60% persen untuk mahasiswi.

Terkait materi selama 6 hari tersebut merupakan pengantar untuk masuk didunia Media dan Komunikasi, sebagai berikut brosis.

  1. Pohon ilmu-ilmu sosial dan gambaran umum peta teori dan metodologi ilmu sosial (mind mapping ilmu-ilmu sosial)
  2. Tradisi dalam keilmuan komunikasi: Foundation to Communication Science
  3. Peran, fungsi, dan tujuan komunikasi dalam hubungan antar manusia (Human Communication)
  4. Jangkauan kajian Ilmu Komunikasi dalam organisasi/korporat (organizational communication)
  5. Komunikasi sebagai kajian multidisipliner & perkembangan tradisi-tradisi riset komunikasi dari studi efek (positivistic) hingga kajian kritis (criticial tradition) studi teks, budaya visual, dan audiens
  6. HAM dan Multikulturalisme
  7. Ranah kajian komunikasi korporat/professional & Perkembangan dunia manjerial dan bisnis komunikasi
  8. Komunikasi interpersonal praktis (verbal & non verbal)
  9. Ruang lingkup kajian llmu Komunikasi Ranah/wilayah penelitian dalam kajian ilmu komunikasi dan studi media
  10. *Ruang lingkup kajian studi-studi media dan budaya (media cultural studies)
    *Tradisi teoritik studi media dan masyarakat: Foundation to Media and Society
  11. Obyek-obyek yang dipelajari dalam studi-studi media dari klasik hingga perkembangan terakhir (film, tv, radio, koran, internet, industri kreatif, dll)
  12. Konsep organisasi media (how the media works) dan cara kerja organisasi media dan logika kerja/produksi media (the nature of media organization and the logic media productions)

Terkait pengajarnya tidak main-main brosis, ada profesor doktor alias guru besar dan minimal magister yang berasal dari lingkungan fisip khususnya ilmu komunikasi dan sosiologi.  Mengintip buku diktar terlihat beberapa nama seperti

  • Dr. Yayan Sakti Suryandaru, S.Sos.,MSi
  • Dr. Santi Isnaini, S.Sos., M.M.
  • Irfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., Ph.D.
  • Titik Puji Rahayu, S.Sos., M.Comms., Ph.D.
  • Liestianingsih Dwi Dayanti, Dra. M.Si
  • Andria Saptyasari, S. Sos., MA
  • Rendy Pahrun Wadipalapa, S.Sos., M.A.
  • Nurul Ratna Sari S.IP., M.Comm
  • Prof. Dr. Henry Subiakto
  • Prof. Dr. Musta’in Mashud

Khususnya guru besar ilmu komunikasi yakni Prof.Dr. Henry Subiakto dimana jarang berada di kampus. Merupakan kesempatan langka bisa diajar oleh beliau sekaligus bisa berfoto bersama setelah kuliah matrikulasi usai.

Menariknya kuliah matrikulasi ini ada camilan dan makan malam atau makan siang brosis. Jadi sehabis maghrib kita break untuk sholat sekaligus makan malam sementara ketika hari sabtu kita makan siang…hehehe. Makanannya pun prasamanan jadi bisa diatur sesuai porsi dan selera masing-masing.

Well, demikianlah brosis pengalaman KHS ketika mengikuti kuliah matrikulasi dalam progam studi magister media dan komunikasi di universitas airlangga ini.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

 

 

 

 

11 thoughts to “Asyiknya Kuliah Matrikulasi di Magister Media dan Komunikasi Unair 2017”

Tinggalkan Balasan