Skip to main content

Weleh….Ada bahasa jawa di bandara Dubai, Uni Emirat Arab

Ada bahasa jawa di bandara Dubai, Uni Emirat Arab. Bahasa Jawa Krama Inggil sempat terdengar ketika announce atau pengumuman Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab. Kalau bahasa inggris mungkin lumrah, lha ini bahasa daerah…hehehe. Itulah yang dialami seorang warga Bandung, Wahyu Pratomo, saat berada di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab.

“Nuwun sewu, bapak-bapak soho ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sak meniko bade …,” begitu bunyi pengumuman penerbangan di Dubai yang didengar Wahyu. Video tersebut diupload di youtube sebulan lalu.

“Pas naik pesawat kedua, la kok bahasa Jawa. Absurd banget,” kata Wahyu saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (5/8/2017). Saat merekam kejadian itu, Wahyu sedang transit di Dubai untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

 

Terjemahan bebasnya dalam bahasa Indonesia kurang-lebih seperti ini, “Permisi, Bapak-bapak dan Ibu-ibu, penerbangan Emirates EK tiga-lima-delapan dari Jakarta tersebut akan …,”

Beberapa penumpang yang berasal dari indonesia merasa kaget dan tersenyum dengan pengumuman yang jarang tersebut. Terlebih di Indonesia malah lebih sering bahasa inggris dan bahasa indonesia saja.

Hingga tulisan ini diketik, belum diketahui maksud dan latar belakang munculnya pengumuman dalam bahasa Jawa ini. Mungkin mantemans yang pernah ke Dubai bisa dishare pengalaman nya….hehehe

Sumber : detik.com (5/8/2017)

baca juga :
[ display-posts tag = pesawat]

Tinggalkan Balasan