Skip to main content

4 Produk Mi Instan Asal Korea Yang Mengandung Babi tahun 2017

4 Produk Mi Instan Asal Korea Yang Mengandung Babi tahun 2017. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) merilis 4 mi instan asal Korea Selatan (Korsel) yang dinilai menyalahi aturan karena tidak mencantumkan kode babi dalam produknya.  Berikut 4 produk mie instan asal Korea Selatan yang diimpor oleh PT. Koin Bumi ini. Cekidot masbrow…

Mengutip http://www.pom.go.id/ (18/06/2017), dalam peraturan Kepala Badan POM Nomor 12 Tahun 2016 dinyatakan bahwa pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan “MENGANDUNG BABI” dan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah diatas dasar warna putih. Sementara 4 produk mie tersebut tidak mencantumkan tanda dimaksud.

Badan POM telah melakukan pengambilan sampel dan pengujian terhadap beberapa produk mi instan asal Korea. Dari beberapa produk yang telah dilakukan pengujian terhadap parameter DNA spesifik babi, beberapa produk menunjukkan positif (+) terdeteksi mengandung DNA babi yaitu:

No.

Nama Dagang

Nama Produk

Nomor Izin Edar

Importir

1. Samyang Mi Instan U-Dong BPOM RI ML 231509497014 PT. Koin Bumi
2. Nongshim Mi Instan (Shim Ramyun Black) BPOM RI ML 231509052014 PT. Koin Bumi
3. Samyang Mi Instan Rasa Kimchi BPOM RI ML 231509448014 PT. Koin Bumi
4. Ottogi Mi Instan (Yeul Ramen) BPOM RI ML 231509284014 PT. Koin Bumi

Berdasarkan pengecekan label diketahui bahwa produk yang mengandung babi tersebut tidak mencantumkan peringatan “MENGANDUNG BABI”. Importir juga tidak menginformasikan kepada Badan POM saat pendaftaran untuk mendapatkan izin edar bahwa produk yang didaftarkan tersebut mengandung babi. Terhadap produk-produk tersebut, Badan POM telah memerintahkan importir yang bersangkutan untuk menarik produk dari peredaran.

Well, bagi masyarakat di Indonesia terutama kaum muslim yang berhati-hati terkait makanan semoga dapat mengindahkan pengumuman Badan POM dimaksud.

gambar : pom.go.id

Maturnuwun

baca juga :

4 thoughts to “4 Produk Mi Instan Asal Korea Yang Mengandung Babi tahun 2017”

Tinggalkan Balasan