Skip to main content

Waspada….snack untuk anak-anak berbahan pakan ternak

Waspada….snack untuk anak-anak berbahan pakan ternak. Bagi mantemans atau orang tua di sekitar Sidoarjo, Jombang dan Madura harap waspada dengan snack alias makanan ringan berbahan pakan ternak. Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M Harris berhasil membekuk jaringan industri rumahan yang beroperasi tanpa ijin ini. Tersangka M Basyori (42) warga Desa Keret Krembung, Tamrin (40) dan Ali Murtadho (37) keduanya warga desa Desa Gampang Prambon, Sidoarjo ini digelandang ke Polres Sidoarjo.

Mengutip pemberitaan surabaya.tribunnews.com (02/06/17), Pakan ternak berbentuk mi ini berbentuk panjang-panjang yang merupakan hasil produksi pakan ternak di Gresik. Oleh tersangka dihancurkan sehingga menjadi remah-remah. Kemudian untuk menghilangkan rasa pakan ternak, mi tersebut dicampur bumbu-bumbu, seperti balado dan asin-gurih. Mi yang tak laik dikonsumsi manusia itu kemudian diberi merek Mei Mickey Joss dan Mei Cha Cha.

Mirisnya usaha ilegal ini telah berlangsung selama 9 tahun dengan wilayah pemasaran Sidoarjo, Jombang dan Madura. “Tidak ada izin apapun terkait usaha yang dilakukan ketiga tersangka. Setahun pernah sampai untung Rp 2 miliar,” ujar Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M Harris.

Para tersangka akan dijerat Pasal 134 UU RI No 18 Tahun 2012 tetang Pangan dan Pasal 135 UU RI No 18 Tahun 2012 tentang Pangan. “Ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara dan denda maksimal Rp 4 milliar,” tutup Harris.

Bagi mantemans yang punya anak harap hati-hati dan waspada dengan jajanan, snack dan makanan ringan untuk dikonsumsi buah hati kita. Tentu harus dipastikan unsur kelayakan dan kesehatan untuk dikonsumsi alias jajanan sehat. Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

5 thoughts to “Waspada….snack untuk anak-anak berbahan pakan ternak”

  1. udah jalan 9 tahun, usahanya lumayan gede (asumsi dari pendapatannya) baru digrebek sekarang… kok jadi susah mau mikir nggak ada kong kali kong disna… 😅

Tinggalkan Balasan