Skip to main content

Pemuda 22 tahun asal inggris ini berhasil jinakkan Ransomware WannaCry

Pemuda 22 tahun asal inggris ini berhasil jinakkan Ransomware WannaCry.  Malware Ransomware WannaCry yang menjadi momok pertengahan Mei 2017 ini akhirnya bisa dijinakkan oleh seorang pemuda.  Pemuda yang menggunakan nickname MalwareTech ini mengklaim mampu menjinakkan malware tersebut setelah berkutat 3 hari didepan komputer. Siapakah dia ?

Serangan WannaCry dilaporkan telah berhasil sempat menginfeksi sekitar 200 ribu dari 150 Negara termasuk Indonesia. Belum diketahui siapa pembuat malware ini namun ada dugaan Hacker Korut Dalang Serangan Ransomware WannaCry ini.  Semua negara geger dengan serangan ini karena menyebabkan data-data terenkripsi dan harus ditebus dengan sejumlah uang USD agar bisa kembali semula. Bahkan pemerintah kita berencana membuat Badan Cyber Nasional untuk bersiap melawan virus atau malware kedepannya.

Siapakah pemuda 22 tahun asal inggris tersebut? Dikutip dari Business Insider, Senin (15/5/2017), pria yang memperkenalkan diri sebagai MalwareTech ini pun sempat mengungkapkan aksinya tersebut melalui akun @malwaretechblog dengan dibantu Darien Huss dari perusahaan keamanan Proofpoint. Pria yang bekerja untuk Kryptos Logic, perusahaan keamanan asal Amerika Serikat ini, menuturkan cara untuk mengatasi ransomware WannaCry tersebut adalah dengan mendaftarkan domain yang digunakan untuk menyebarkannya.

Mengutip detik.com (16/5) identitas asli nickname Malwaretech sudah terkuak yakni bernama asli Marcus Hutchsins asal Inggris. Marcus tinggal di rumah keluarganya, di sebuah kamar tidur kecil merangkap tempat kerjanya di selatan Inggris. Dia bekerja jarak jauh untuk perusahaan keamanan asal Amerika Serikat, Kryptos Logic.

“Aku bahkan tidak yakin apakah orang tuaku sudah tahu hal ini. Soalnya dalam tiga hari aku menatap komputer untuk menyelesaikan semua ini. Aku bukan pahlawan. Aku hanya seseorang yang mencoba menghentikan virus,” tuturnya yang dikutip detikINET dari Mirror.

Marcus belajar soal sekuriti dan juga blog secara otodidak dan langsung diterima kerja oleh Kryptos Logic meski tidak lulus universitas, hanya menyelesaikan pendidikan setingkat SMA. Dia mengaku memang tak begitu gemar bersekolah.

Berkat prestasinya menaklukkan WannaCry, Marcus pun jadi tenar. Ribuan email masuk tiap hari menawari pekerjaan dan banyak media ingin mewawancarainya. Sedangkan Kryptos Logic menghadiahinya cuti dan perjalanan ke San Francisco. Selain itu, ia sekarang bermitra dengan lembaga pemerintah Inggris, National Cyber Security Centre untuk mencegah versi baru WannaCry menyebar.

Wah selamat buat Marcus atas prestasinya yang membanggakan ini.

Maturnuwun

bacaan : detikinet, liputan6.com

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

6 thoughts to “Pemuda 22 tahun asal inggris ini berhasil jinakkan Ransomware WannaCry”

Tinggalkan Balasan