Skip to main content

Ferdinand Monoyer, tema google doodle hari ini. Siapa dia?

Ferdinand Monoyer, tema google doodle hari ini. Siapa dia?. Hari Selasa, 09 Mei 2017 google doodle mengambil tema sepasang bola mata dan tabel bagan huruf. Bagi mantemans yang sering periksa mata di dokter mata, puskesmas atau rumah sakit tentu tidak asing dengan tabel bagan huruf tersebut. Mantemans pasti tidak tahu kalau bagan tersebut dinamakan Bagan Monoyer…hehehe. Ferdinand Monoyer, dialah yang membuatnya mantemans,,,

FERDINAND Monoyer yang lahir 9 Mei 1836 merupakan salah satu oftalmologis paling terkenal dari Prancis. Oftalmologi adalah pakar medis yang khusus menangani diagnosis, penangan, pencegahan kerusakan, dan cedera mata. Ferdinand Monoyer adalah pengembang diopter, alat yang digunakan untuk mengukur daya penglihatan. Alat yang diciptakannya itu masih digunakan sampai saat ini.

Diopter berfungsi mengukur jarak mata sebenarnya yang Anda butuhkan untuk membaca teks. Ada hal yang menjadi ciri khas dari bagan tersebut. Ferdinand Monoyer merancang bagan itu dengan setiap baris huruf dari yang terkecil sampai yang terbesar. Tujuannya adalah mengukur kemampuan mata mengidentifikasi huruf.

Perhatikanlah lebih saksama dua kolom paling ujung di kanan dan kiri bagan tersebut . Dengan mengabaikan baris paling bawah (ZU), bacalah secara terbalik rangkaian huruf itu dari bawah ke atas. Anda akan menemukan sederet huruf yang membentuk nama ”Ferdinand Monoyer”.

Ferdinand Monoyer juga mengubah tipografi atau jenis huruf yang menurutnya kurang cocok untuk menguji ketajaman mata. Jika Anda ingin menilai ketajaman mata seseroang menggunakan bagan Monoyer, dia harus sanggup mengidentifikasi sebanyak mungkin huruf yang ada di bagan itu.

Ferdinand Monoyer meninggal di Lyon, 11 Juli 1912. Semasa hidupnya Monoyer pernah menjadi profesor medis pada Universitas Strasbourg dan dosen fakultas kedokteran Universitas Nancy.

Uniknya, tidak semua orang di dunia bisa melihat google doodle Ferdinand Monoyer ini. Peramban Google hanya membagikannya di sejumlah negara seperti Kanada, Meksiko, Indonesia, Peru, Australia, Selandia Baru, Argentina, Cile, India, Inggris, Swedia, Polandia, Yunani, dan tentu saja Prancis sebagai negara asalnya.

Selamat Ulang Tahun ke-181 Ferdinand Monoyer.

sumber : pikiran-rakyat.com

Maturnuwun

baca juga :

One thought to “Ferdinand Monoyer, tema google doodle hari ini. Siapa dia?”

Tinggalkan Balasan