Skip to main content

Apa itu Air keras? bahayanya bagi tubuh serta pertolongan pertamanya

Apa itu Air keras? bahayanya bagi tubuh serta pertolongan pertamanya. Air keras itu bukan air yang mengeras brosis tetapi sejenis air yang bereaksi keras ketika menimpa sesuatu. Air keras saat ini menjadi perbincangan kembali ketika Novel Baswedan, penyidik senior KPK yang mukanya disiram pakai air keras oleh orang tak dikenal pada hari Selasa (11/4/2017) pasca sholat subuh. Yuuk kenali Apa itu Air keras? dan bahayanya bagi tubuh brosis.

Mengutip wikipedia, Air keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat.[1] Bila air keras mengenai kulit, akan timbul nyeri hebat, bahkan kulit akan mengalami luka bakar. Contoh air keras adalah asam sulfat yang dipakai untuk aki, asam klorida untuk membersihkan permukaan logam sebelum disoldir, asam nitrat untuk menguji logam mulia, dan asam fosfat untuk membuat garam fosfat.[1]. Rumus kimiawi asal asam klorida adalah HCL. Sedangkan asam sulfat adalah H2SO4 dan H3PO4 untuk asam fosfat.

Kasus kekerasan dengan air keras

Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tak dikenal setelah menunaikan salat subuh di Masjid Al-Ihsan, Selasa (11/4). Lokasi masjid itu sekitar 4 rumah dari kediaman Novel di Jalan Deposito T Nomor 8, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saat ini penyidik yang menangani kasus-kasus megakorupsi di negeri ini seperti suap cek pelawat gubernur BI, suap banggar DPR, korupsi simulator sim, kasus jual beli perkara MA dan terakhir kasus e-ktp, sedang menjalani perawatan intensif di Singapura

Selain Novel Baswedan diatas yang menjadi korban siraman air keras. Terdapat beberapa orang sebelumnya yang menjadi korban tindak kekerasan ini. Seperti mahasiwi cantik asal Kota Bandung, Intan Novita (22) pada Rabu, 26 Oktober 2016 disiram air keras oleh orang tak dikenal dijalan sehingga mengalami luka bakar.

Tahun 2004, Siti Nur Jazilah atau yang akrab disapai Lisa disiram air keras oleh suaminya, Mulyono. Akibatnya, hampir seluruh bagian wajah Lisa rusak.Wanita asal Malang ini mesti menjadi beberapa operasi muka alias face off untuk mengembalikan wajahnya. Selanjutnya Maret 2017, ada kasus Dian Wulansari (23) alias Citra Rey warga Mojokerto yang hampir mirip kasus Lisa. Karena sakit hati, mantan pacar Dian, Lamaji (39) senjaga menyiram air keras ke wajahnya. Setelah sebulan dirawat, Dian meninggal dunia di rumah sakit di Surabaya

Jumat, 4 Oktober 2013 pagi setidaknya 13 orang penumpang bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol B mengalami luka-luka akibat seorang pelajar menyiam air keras ke dalam bus akibat adanya tawuran antar pelajar.

Pada 15 November  2013, Lynia Davega (19) disiram air keras oleh mantan pacarnya, Riki Halim Levin (23). Mahasiswi Binus ini disiram di tempat kos-nya di daerah Palmerah, Jakarta Barat. Akibat peristiwa ini, wajah Lynia mengalami kerusakan parah dan harus menjalani beberapa operasi

Bahaya bagi tubuh

Meski memiliki banyak manfaat, air keras sangat berbahaya jika terpapar langsung oleh manusia. Jika terkena kontak langsung dengan larutan tersebut atau aromanya terhirup, air keras tak hanya merusak bagian luar tubuh tetap juga merusak organ tubuh lainnya seperti penglihatan, pendengaran dan kemampuan bicara lainnya.
Semua jenis air keras tersebut akan menghasilkan luka bakar jika terkenal kulit. Bila terhirup, orang yang menghirupnya bisa terkena kerusakan pada mata, usus dan pernapasan.
Pertolongan pertama

Menurut dr.Teddy O.H Prasetyono Sp.BP-RE (K), segera basuh diri di bawah air mengalir saat terkena air keras. “Segera manfaatkan air minum jika kejadiannya di mobil atau lari ke air keran yang mengalir untuk membilas diri selama sekitar lima menit,” katanya kepada Kompas.com.

Membasuh di bawah air mengalir bertujuan untuk mengurangi bahan kimia yang masih ada di permukaan tubuh, sekaligus mengencerkan bahan kimianya. “Konsep air mengalir sangat penting, jadi bukan merendam di air. Setelah itu segera ke rumah sakit,” kata Teddy.

Bila pasien berada jauh dari rumah sakit, untuk sementara lakukan penutupan bagian yang terkena air keras dengan plastik tipis (plastik wrap). “Kalau bagian wajah yang terkena, tidak mungkin ditutup plastik, nanti sulit bernapas. Carilah Vaseline petroleum jelly dan oleskan ke bagian luka. Tujuannya untuk menjaga permukaan kulit terkontaminasi berlebihan,” katanya.

bacaan : kompas.com, kumparan.com, tribunnews.com

baca juga :

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : https://twitter.com/setia1heri
Instagram : https://instagram.com/setia1heri
Youtube : https://www.youtube.com/user/setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0
*”ngono yo ngono ning ojo ngono…”*

5 thoughts to “Apa itu Air keras? bahayanya bagi tubuh serta pertolongan pertamanya”

Tinggalkan Balasan