Skip to main content

Apa itu malware, virus, adware, pishing dan lain sebagainya…

Apa itu malware, virus, worm, adware, pishing dan lain sebagainya mantemans?. Hidup ditengah dunia digital dan teknologi informasi tentu jangan sampai asing dengan istilah tersebut. Terlebih saat ini setiap individu kadangkala ada yang memegang laptop, PC dan gadget lebih dari satu.  Misalnya gadget lemot bisa jadi terserang virus atau malware. Yuuk simak bersama.

Malware
Perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer atau jejaring komputer tanpa izin pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah ‘virus computer’ kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni.

Adware
Adware (software iklan) adalah aplikasi perangkat lunak yang secara otomatis memutar, menampilkan, atau download materi iklan ke komputer pengguna tanpa pengguna mengetahui hal itu. Fitur khas pop-up windows atau banner, home pade, dll. Beberapa adware memasukkan program dengan izin pengguna, karena untuk menggunakan program ini, Anda harus menerima kehadiran materi iklan tersebut.
contoh: win32/adware.registrycleanfix2008, win32/adware.mycentria, win32/adware.threatnuker

Backdoor
Backdoor adalah aplikasi client-server yang memungkinkan akses remote ke komputer. Perbedaan dari aplikasi yang sah dengan fungsi yang sama adalah bahwa instalasi backdoor dilakukan tanpa sepengetahuan pengguna.

Boot sector
Boot sector virus menyerang sektor boot dari sebuah hard disk untuk memastikan bahwa mereka berjalan setiap kali komputer dijalankan. merupakan kelompok yang relatif lebih tua dari virus.

Dialer
Dialer adalah program yang dirancang untuk mengarahkan sambungan telepon pengguna ke Internet untuk beberapa nomor premium. Penipuan dialer yang sering digunakan untuk mengarahkan pengguna tanpa menyadarinya.

HLL virus
HLL (Bahasa Tingkat Tinggi) adalah virus yang dibuat dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal, C, C + +, Delphi, Basic atau Visual Basic. Virus umum yang dibuat dalam assembler, namun virus HLL yang lebih besar dan untuk menganalisis mereka sangat rumit.

HOAX
Hoax (rumor) – Banyak hoax dikirim melalui email, forum, bbm, sms. Kebohongan yang paling umum dengan mengatasnamakan perusahaan. Mereka sering menginformasikan tentang konsekuensi bencana, misalnya menghancurkan virus baru. Semua hoax memiliki kesamaan yaitu menyuruh orang lain untuk menyebarkannya segera ke pengguna lain. Ini adalah bagaimana hoax tersebar.
contoh: bahaya makan udang dan vitamin c, trik pin ATM terbalik saat dirampok, penggunaan optical mouse dapat menimbulkan kanker

Macroviruses

virus makro adalah virus yang ditulis dalam bahasa makro: artinya, bahasa yang dibangun ke dalam aplikasi perangkat lunak seperti pengolah kata. Karena beberapa aplikasi terutama Microsoft Office memungkinkan program makro untuk dimasukkan dalam dokumen, sehingga program dapat dijalankan secara otomatis ketika dokumen dibuka, ini memberikan mekanisme yang berbeda dimana virus dapat menyebar.
contoh: melissa.

Phishing
Phishing adalah suatu bentuk kegiatan kriminal dengan menggunakan teknik rekayasa sosial. Hal ini ditandai dengan upaya untuk menipu mendapatkan informasi sensitif, misalnya password, atau rincian kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang yang dapat dipercaya atau bisnis dalam email yang tampaknya resmi. Mendapatkan jenis data pribadi sangat menarik karena memungkinkan penyerang untuk meniru korban mereka dan melakukan transaksi keuangan penipuan.
contoh: email dari bank yang menyuruh anda mengisi kembali data pribadi.

Retrovirus

Retrovirus adalah aplikasi berbahaya mencoba untuk menghapus atau menonaktifkan sistem antivirus.

Rootkit
Rootkit adalah jenis khusus dari infiltrasi mampu menyembunyikan “root” pada komputer yang terinfeksi tanpa sysadmin melihat hal tersebut dan dengan demikian menghindari deteksi. Biasanya adalah paket kode berbahaya yang memungkinkan penyerang untuk mengeksploitasi kerentanan dalam sistem dan mendapatkan kontrol penuh atas terinfeksi root komputer. Yang paling penting dengan rootkit adalah pencegahan – kemampuan untuk menghentikan infiltrasi proaktif ketika mencoba untuk menyusup ke dalam sistem, sebelum dieksekusi. Setelah dieksekusi rootkit mampu membuat dirinya “tak terlihat” dan dengan demikian komputer dapat dieksploitasi sementara pengguna tetap merasa “aman”

Social engineering

Social engineering adalah cara untuk mendapatkan informasi pribadi dengan penipuan. Metode ini biasanya menggunakan telepon atau Internet, mengeksploitasi pengguna awam yang mudah tertipu dengan menyamar sebagai lembaga bisnis yang dapat dipercaya.

Spyware

Spyware adalah program yang menggunakan internet untuk mengirim data berbagai pengguna tanpa pengetahuan pengguna. Spyware biasanya mengirimkan data statistik sebagai informasi tentang program yang diinstal, situs yang dikunjungi, dll Informasi yang diperoleh biasanya dimanfaatkan untuk keuntungan komersial.
contoh: spyaxe, surf saver, sonicmail.

Trojan
perangkat lunak mencurigakan yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna
contoh: zeus, beast, win32/sirefef.a

Virus
Perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer.
contoh: win32/sality, win32/virut, win32/alman

Worm
program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.
contoh: conficker, win32/netsky.q, win32/autoit
sumber: Wikipedia

Maturnuwun

baca juga :

3 thoughts to “Apa itu malware, virus, adware, pishing dan lain sebagainya…”

Tinggalkan Balasan