Skip to main content

Barang antik ini namanya apel jin gans….

Barang antik ini namanya apel jin gans….

Apel jin, sebuah barang antik dan kuno berbahan kuningan yang berbentuk apel dengan 3 lembar daun diatasnya. Orang seringkali menyebutnya apel jin dan barang ini sangat familiar di kalangan santri yang masih mempertahankan tradisi tinta basah untuk mengaji kitab kuning. Beberapa orang menyebutnya “Gothakan”minyak-apel-jin-disebut-gothakan-oleh-santri-salaf

“Aku takok bos… Iki barang opo… Aku diluguri nak mburi omahku ..onok lambange bintang songo Ambi tulisan ١٩٢٨ (Saya tanya mantemans…ini barang apa…aku menemukan terjatuh di belakang rumah…ada lambang bintang sembilan dan tulisan arab 1928)”tanya Bintang Pantura di forum ‎GRESIK SUMPEK pada hari Jum’at, 13 Januari 2017.

Beberapa netizen yang akrab dengan benda tersebut langsung menjelaskan.
“Jenenge gothakan.wadae tinta gawe ngemaknani ngaji kitab kuning” (itu namanya Gothakan, tempat tinta untuk menuliskan makna ketika mengaji kitab kuning) ujar Arick Kiraf ELdias. Hal ini biasanya santri santri lawas sangat akrab dengan benda ini yang disebut minyak apel jin.

minyak-apel-jin-disebut-gothakan-oleh-santri-salaf01
“Iku wadae mangsi kanggo nulis arab ng kitabb kuning bro (itu tempat tinta untuk menulis huruf arab dan ngaji kitab kuning bri) “tutur Muhammad Siddiq.

KHS sendiri juga awam terkait benda tersebut. Awalnya menduga barang tersebut untuk penglaris atau pesugihan yang dipercaya oleh orang – orang tertentu. Well, jangan kepo lagi ya mantemans kalau dijalan ketemu dengan benda apel jin tersebut. Btw, kenapa disebut apel jin…kata jin inilah yang membuat semakin penasaran….xixiixi

minyak-apel-jin-disebut-gothakan-oleh-santri-salaf02

Maturnuwun

Baca juga :

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

Tinggalkan Balasan