Skip to main content

Nelayan asal Oman ini kaya mendadak karena menemukan muntahan ikan paus…kok bisa?

Khalid Al Sinani, seorang nelayan asal Oman girang bukan kepalang ketika menemukan muntahan ikan paus. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan ini bersiap menjadi milyuner dengan zat muntahan dari ikan paus sperma tersebut. Muntahan seberat 60 kg itu merupakan ambergris yang sangat dihargai dalam produksi parfum. Ditaksir harganya 33,7 miliar mantemans!.

nelayan-oman-kayak-mendadak-karena-ambergis-paus-sperma-tahun-2016

Tanggal 30 Oktober 2016 kemarin Khalid seadng memeriksa jalanya di luar Pantai Qurayat, Oman. Tak dinyana dia menemukan emas terapung tersebut. “Saya dalam pelayaran pulang, lalu mencium bau sangat busuk tidak jauh dari kapal saya. Saat memeriksanya, ada onggokan besar terapung di air. Saya menggunakan tali untuk menariknya. Beratnya lebih 60 kilogram sedangkan kapal saya hanya enam meter panjangnya,” kata Khalid kepada media setempat, Shabiba.

Temua ambergris ini bak mimpi yang menjadi kenyataan bagi khalid setelah 30 tahun menjadi nelayan. “Impian saya menjadi kenyataan. Saya menanti momen ini sejak 20 tahun lalu saat pertama menjadi nelayan bersama ayah saya,” katanya. Pakar setempat mengatakan, muntahan yang ditemukan Khalid itu bisa dijual dengan harga lebih Rp 33,7 miliar!

Ambergris terbentuk dalam usus Ikan Paus Sperma untuk melindungi sistem pencernaannya dari benda tajam yang ditelannya ketika makan. Awalnya menghasilkan bau feses, tapi seriring dengan waktu, bau yang berubah menjadi manis dan bersahaja. Zat ini sering ditemukan mengambang di laut tropis dan digunakan dalam pembuatan parfum.

Mengutip gulfnews.com (5/11), Pada bulan November 2015, dua orang Oman juga telah menemukan zat berharga tersebut didalam perut ikan paus sperma mati dan terdampar di pantai Fooshi provinsi Saadah di Oman selatan. Mereka menjualnya seharga lebih dari 80.000 riyal ke pedagang lokal.

Kata ‘ambergris’ berasal dari kata Arab ‘anbar’. Amouage, salah satu merek parfum mewah internasional dari Oman, menggunakan ambergris untuk membuat parfum, yang beberapa diantaranya menjadi paling mahal di dunia.

Maturnuwun

baca juga:

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

14 thoughts to “Nelayan asal Oman ini kaya mendadak karena menemukan muntahan ikan paus…kok bisa?”

Tinggalkan Balasan