Skip to main content

Ini agenda parade juang 2016 di Kota Surabaya

Surabaya adalah kota pahlawan. Dan setiap tanggal 10 November dikenang sebagai hari pahlawan dimana banyak arek-arek Suroboyo yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan. Nah sudah menjadi tradisi di kota surabaya ada agenda Parade Juang untuk mengenang momen 10 November ini. Tahun 2016 ini dilaksanakan pada hari minggu, 6 November 2016 mulai jam 08.00 WIB dengan agenda berikut ini…content_parade_juang_rev-tahun-2016

Mengutip suarasurabaya.net (5/11) berikut beberapa perbedaan Parade Juang tahun 2015 dan tahun 2016 ini :

1. Tema Besar Parade Surabaya Juang
Pada 2015 lalu, rekonstruksi perang menitikberatkan pada perang di Alun-alun Contong Surabaya. Tahun ini, tema besar yang diangkat adalah perang terbesar di bulan Nopember 45. Yakni perang Benteng Kedung Cowek.

Heri Lentho Ketua Komunitas Surabaya Juang mengatakan, pengangkatan tema ini karena tidak banyak masyarakat Surabaya yang tahu mengenai perang Benteng Kedung Cowek ini.

2. Rute Semakin Panjang
Pada 2015 lalu rutenya hanya dari Tugu Pahlawan, selesai di Taman Surya. Tahun ini peserta parade menempuh jarak enam kilometer dari Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul.

Herry Purwadi Kasi Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya menyebutkan, parade dari Jalan Pahlawan akan melintasi Jalan Kramat Gantung; Jalan Tunjungan; Jalan Gubernur Suryo; Jalan Panglima Sudirman; Jalan Urip Sumoharjo; Jalan Raya Darmo (berhenti di Monumen Polri Jalan Polisi Istimewa); Sekolah Santa Maria Jalan Darmo; selesai di Taman Bungkul.

3. Enam Titik Rekonstruksi Perang
Pada Parade Surabaya Juang 2016 ini, akan ada enam titik rekonstruksi perang oleh komunitas Roode Brug Soerabaia, bersama renaktor (pereka ulang sejarah) dari seluruh Indonesia.

Antara lain perang di depan Gedung Siola, Depan gedung Negara Grahadi, depan Monumen Bambu Runcing, Jalan Polisi Istimewa, Depan Gedung SMAK Santa Maria, dan terakhir di Depan Taman Bungkul.

Selain itu, ada pertunjukan teaterikal di tiga lokasi, teaterikal pertempuran 10 November 1945 di Viaduk Kereta Api Jalan Pahlawan Surabaya; teatrikal perang Madun di Gedung Siola; dan teatrikal perang Benteng Kedung Cowek.

Selain itu, Barisan Pelajar Nusantara akan bergabung dengan pasukan dari Tugu Pahlawan, lalu berhenti di Hotel Majapahit mengikuti Upacara. Lalu menuju ke Monumen Bambu Runcing Jalan Panglima Sudirman.

4. Penyerahan Plakat Kemenangan Surabaya
Pada tahun 2016, komunitas Roode Brug Soerabaia akan menyerahkan Plakat Prasasti Perang Kemenangan Perjuangan Surabaya kepada Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, di Tugu Pahlawan, usai teatrikal perang Viaduk.

Parade Surabaya Juang akan digelar pada pada Minggu (6/11/2016) mulai pukul 08.00 WIB. Dalam parade ini, akan dilibatkan 10 unit panser, jeep willys dan truk rampasan perang.

content_urutan_parade_surabaya_juang_2016_revisi_rev-1

Monggo mantemans yang ingin melihat keseruan parade juang tahun 2016 bisa mengunjungi 6 titik tersebut mulai dari tugu pahlawan hingga taman bungkul surabaya.

Maturnuwun

sumber : suarasurabaya.net dan surabaya.go.id

baca juga:

—\Contact KHS/—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

One thought to “Ini agenda parade juang 2016 di Kota Surabaya”

Tinggalkan Balasan