Skip to main content

Pray for Garut dan Sumedang, Jawa Barat

Setidaknya 19 orang meninggal dunia dalam tragedi banjir bandang di Garut dan Sumedang hari Selasa malam (20/9).  Mengutip republika.co.id, hujan berintensitas tinggi dan berdurasi panjang, ditambah tingginya tingkat kerentanan telah menyebabkan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Hujan deras sejak Selasa (20/9) pukul 19.00 WIB menyebabkan debit Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri naik secara cepat. Pukul 20.00 WIB banjir setinggi lutut kemudian sekitar jam 23.00 WIB banjir setinggi 1,5 hingga 2 meter. bencana-banjir-bandung-di-garut-tanggal-21-september-2016Banjir bandang menerjang tujuh kecamatan yaitu Kecamatan Bayongbong, Garut Kota, Banyu Resmi, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul, Karang Pawitan dan Samarang Kabupaten Garut, Selasa (20/9/2016).  Sedangkan kejadian lain yakni longsor menerjang Desa Cimareme, Kabupaten Sumedang dalam waktu yang bersamaan.

Akibat kejadian ini beberapa orang terbawa arus maupun tertimbun longsoran. Pada Rabu (21/9), air banjir sudah surut. Namun, ratusan relawan dan petugas penyelamat dan bantuan dari berbagai lembaga terus melakukan pencarian dan penyelamatan korban. Mengutip suarasuarbaya.net (21/9), Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut per hari Rabu (21/9) jam 15.29 WIB menyebutkan korban tewas akibat banjir bandang di wilayah tersebut mencapai 19 orang, termasuk bayi usia 4 bulan. Selain korban tewas ada 12 orang yang masih dalam pencarian.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan saat ini para pengungsi dan petugas membutuhkan beberapa keperluan mendesak, di antaranya makanan, pakaian, selimut, alat berat, air bersih, dan peralatan untuk membersihkan. Selain itu tentu dukungan logistik untuk petugas dan masyarakat yang dalam pengungsian.

Mari berdo’a bersama untuk korban bencana di Garut dan Sumedang….

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

8 thoughts to “Pray for Garut dan Sumedang, Jawa Barat”

  1. moga setelah bencana ini masyarakatnya bisa bangkit lagi..
    dan khususnya buat bupati dan gubernur bisa menata ulang wilayahnya (misal lebarin kalinya) biar bencana serupa tidak terjadi lagi dimasa mendatang

Tinggalkan Balasan