Skip to main content

Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) terjepret kamera pengintai di Gunung Kukusan, Jawa Timur.

Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) terjepret kamera pengintai di Gunung Kukusan, Jawa Timur.

Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) merupakan salah satu hewan hampir punah di Tanah Jawa. Baru-baru Macan Tutul Jawa terjepret oleh kamera pengintai yang dipasang oleh Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Yah dari 8 kamera yang dipasang terdapat 2 kamera yang berhasil menjepret keberadaan hewan langka ini.1053410MacanTutulJawaHalimunSalak171370957675-preview780x390

Mengutip Kompas.regional Jawa timur (30/7), Kepala BB TNBTS John Kennedie mengatakan, kamera trap atau kamera pengintai tersebut dipasang pada 6 Juni 2016 lalu.Kemudian pada tanggal 28 Juli 2016, kamera tersebut diambil yang mendapatkan adanya jepretan macan tutul Jawa tersebut. Titik pemasangan ada di kaki Gunung Kukusan Resort PTN Coban Trisula.

Sementara itu beberapa kesaksian juga mendukung adanya penemuan macan tutul Jawa ini. “Ada petugas menemukan melintas di Blok Ireng-ireng (kaki gunung Semeru), dari Ranupani ke Senduro. Tapi tidak sempat memotret,” terang John.

Selain itu beberapa tahun yang lalu, tim dari Universitas Mulawarman juga pernah menjumpai macan tutul pada kamera trap yang dipasang di Blok Ireng-ireng yang lokasinya berjauhan dengan Resort Coban Trisula.

Well, sepertinya Macan Tutul Jawa ini masih ada kawans keberadaannya terutama wilayah-wilayah yang kondisi hutan masih alami.

Monggo yang pernah punya pengalaman bertemu dengan Macan Tutul Jawa ini…

Maturnuwun

Sumber : Kompas.com

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

4 thoughts to “Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas) terjepret kamera pengintai di Gunung Kukusan, Jawa Timur.”

Tinggalkan Balasan