Skip to main content

Pokemon Go ternyata ada kemiripan dengan Game GeoCaching tahun 2000an.

Pokemon Go ternyata ada kemiripan dengan Game GeoCaching tahun 2000an.

Pokemon Go merupakan game yang menjadi buah bibir di tanah air bulan Juli 2016 ini. Game ini secara resmi baru dirilis Amerika, New Zealand, dan Australia. Game besutan Niantic yang terkenal lewat game Ingress sebelumnya dinilai netizen Hidayat S.Gautama menjiplak Game Geocache akhir tahun 2000an. Kok bisa? Yuuk simak ulasannya via laman facebooknya gans…

permainan Geocache tahun 2000 dijiplak Pokemon Go tahun 2016
Pokemon Go ditahun 2000 an adalah mirip permainan GEOCACHING. Sepertinya PokemonGO ini mirip jiplakan dari permainan Geocache yang populer diputaran tahun 1995 ke 2000 an. Cara memainkan permainan ini mengejar cache koordinat GPS plus ditambah bonus dilokasi koordinat itu dan ada hadiah yg disembunyikan oleh pemain awal. Selain hadiah yang dikejar dan melaporkan hasil temuan cache ke forum board permainan, juga mendapatkan bonus kesulitan + pemandangan menuju titik koordinat. “Ditahun 2000 an, geocaching tidak populer amat disini, hanya orang tertentu yang punya perangkat handhled GPS dan rajin ikutan forum “cache hunt” akan tertarik memainkan ini. ” Ujar Hidayat S Gautama sambil menambahkan foto tentang Geocache

game Pokemon Go jadi booming tahun 2016

Saat itu bisa dibilang orang Indonesia yang ikutan main Geocache ini gak banyak. Di tahun 2016 ini, Pokemon Go menjiplak cara itu dengan sentuhan teknologi baru augmented reality. “intinya sama saja memburu sesuatu diluar sana dan mendapatkan hadiahnya dititik itu (dalam bentuk digitall). Sama plek dengan geocaching.” Ujar Hidayat dalam catatan facebook yang diunggah hari Kamis, 14 Juli 2016.

Hidayat pernah punya pengalaman mengesankan terkait permainan Geocache ini. “Dulu pernah berencana mengejar cache hunt ketika bersamaan tugas ke Sulut. Pas mau mengarah kelokasi tsb sekian jam lamanya naik mobil dari Menado, mendadak Gunung Soputan meleduk menyemburkan debunya kemana mana. Ditengah hujan debu itu niat mencari cache dibatalkan karena pandangan mata cuma 1 meter kedepan dilereng tajam kebun penduduk. Itu pengalaman yg mengesankan dan mendapatkan applause ratusan pemain geocache dari seluruh dunia ketika dilaporkan ke game board forum. Peristiwa langka berburu cache malahan gunungnya meleduk dengan kepekatan debu seperti itu, dahsyat (via internet tentu saja). ” terangnya panjang lebar.

Hidayat S. Gautama pemain Geocache tahun 2000

Sumber foto: gomunkee dot com

http://www.geosociety.org/earthcache/intro.htm
https://www.geocaching.com/play
http://boredinvancouver.com/listing/geocaching-vancouver/
http://www.tpwmagazine.com/archive/2013/may/ed_2_geocaching/
http://www.garmin.com/en-US/geocaching

Sebagai informasi lanjutan Game Geocache ini terdapat Hadiah yg disembunyikan dititik cache. Diletakan dalam kontainer kedap dan harus ditemukan oleh pemburu cache lalu dilaporkan di board (game forum pengelola).

Mengapa saat itu terbatas yang bermain Game Geocache? “Iya jaman segitu, siapa sih yg pegang GPS handheld? Jaman pramuka ada juga namanya orientering game, mirip sama geo cache. Kalo skr setiap org pegang smartphone, makanya bisa jutaan ikutan pokemon go. ” Pungkas Hidayat S Gautama.

pemain Pokemon Go hampir ditabrak motor di Samarinda Kalimantan Timur tahun 2016

Well, bagi yang sedang main Pokemon Go harap waspada dan hati-hati saja terutama terkait keselamatan diri dan gadget Anda. Ada kasus pemain Pokemon Go jadi korban kriminal, jatuh dari jembatan hingga hampir saja jadi korban kecelakaan.

Maturnuwun

Sumber : Facebook Hidayat S Gautama

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

4 thoughts to “Pokemon Go ternyata ada kemiripan dengan Game GeoCaching tahun 2000an.”

Tinggalkan Balasan