Skip to main content

Antara ‘Zakat Mall’, Zakat Maal dan Zakat di Mall

Antara ‘Zakat Mall’, Zakat Maal dan Zakat di Mall

Bagi orang muslim Zakat merupakan rukun Islam yang ke-4. Zakat adalah mengeluarkan sebagian harta tertentu yang dimiliki, dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan dengan ketentuan tertentu pula. Zakat terdapat 2 macam yakni Zakat Maal dan Zakat Fitrah. Terus apa bedanya Antara ‘Zakat Mall’, Zakat Maal dan Zakat di Mall? Hehehehe mari disimak bersama…jangan lupa zakat mal dan zakat fitrah

*KISAH INSPIRATIF TENTANG ZAKAT*

Seorang suami surprised saat menemukan banyak tas belanjaan dengan berbagai barang bermerk di rumah.

Maka terjadilah percakapan berikut ini:

Suami: “Dari mana kamu dapat belanjaan sebanyak ini?”
Istri: “Dari Royal Plaza, Pah.”
Suami: “Duit dari mana?”
Istri: “Kan Papah yang kasih ke aku kemarin. Papah bilang katanya: nih titip buat zakat mall. Ya udah aku kasih ke mall, eh malah dapat bonus belajaan segini banyak. Zakat mall benar-benar membawa berkah, ya Pah?”
Suami’}: *_”Zakat maal, Mah….bukan zakat mall….aaaarggggghhhhh.”_*

😅😅😅😅😅😅

Terlepas dari itu kisah imajinatif bin fiktif namun bisa jadi itulah gambaran masyarakat secara umum. Masyarakat muslim perlu mendapatkan edukasi terkait zakat yang terbagi menjadi 2 yakni Zakat Maal (harta) dan Zakat Fitrah (pensucian diri). Atau bisa jadi “Zakat Mall” diatas hanya semacam sindiran saja mantemans bagi yang menghabiskan uang bonus dan THR untuk belanja lebaran di mall. Siapapun tahu bahwa 10 hari terakhir Ramadhan para jamaah tarawih banyak berpindah ke pusat – pusat perbelanjaan… hehehe.

Zakat Maal (harta) merupakan zakat yang dikeluarkan untuk harta yang kita miliki dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Besaran prosentase zakat yang dikeluarkan mulai dari 2,5%, 5% hingga 10 %. Sedangkan Zakat Fitrah adalah zakat yang mesti dikeluarkan (bagi yang mampu) untuk melengkapi ibadah puasa di bulan Ramadhan. Istilahnya biar suci seperti bayi yang lahir kembali sehingga mesti di’syarati’. Untuk keterangan lebih lanjut terkait zakat silahkan datangi masjid terdekat atau lembaga Amil Zakat terdekat ya mantemans.

Beberapa ayat Alquran yang mendasari terkait Zakat diantaranya “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku‘. (QS. Al ‎Baqarah: 43)‎ dan “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka,” (At Taubah: 103).

Kalau Zakat di Mall? Ini merupakan terobosan yang dilakukan lembaga -lembaga Amil Zakat untuk mendekat ke rakyat dengan membuka posko, pojok, konter atau layanan zakat di pusat-pusat perbelanjaan. Biasanya di mall ada sudut yang diisi oleh lembaga Amil Zakat tadi untuk memfasilitasi masyarakat muslim yang ingin berzakat sekaligus memberikan edukasi terkait zakat secara umum. Tidak hanya zakat namun juga bisa menunaikan sedekah dan infak sekalian. Nah enak kan…. jalan-jalan di mall bisa sekalian bayar Zakat… ahihihi. Oia kalau gak ada di Mall ya samperin aja Masjid terdekat

Demikian mantemans sekilas tulisan mengenai Antara ‘Zakat Mall’, Zakat Maal dan Zakat di Mall.
Yuuk jangan lupa zakatnya yah…..

Maturnuwun

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

6 thoughts to “Antara ‘Zakat Mall’, Zakat Maal dan Zakat di Mall”

  1. keluarkan zakat 2,5% dari pendapatan kotor, agar apa yang kita makan dan gunakan menjadi berkah.

    bagi yang masih berat, bagikan ke orang terdekat yang tidak mampu.

Tinggalkan Balasan