Skip to main content

E-Wadul, aplikasi android untuk aduan dan keluhan bagi warga Kota Surabaya

E-Wadul, sebuah aplikasi berbasis android sebagai sarana aduan dan keluhan bagi warga Kota Surabaya. Ini merupakan sebuah terobosan baru karena sebelumnya surabaya juga sudah memiliki kanal serupa berbasis web yakni sapa warga. Nah aplikasi E-Wadul ini berbasis android yang bisa langsung diunduh via play store masbrow dan mbaksis. Aplikasi ini khusus warga kota surabaya karena ada verifikasi NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terhubung dengan database Dispenduk Capil Kota Surabaya tentunya.

aplikasi e wadul dari kota surabaya tahun 2016

Aplikasi ini diluncurkan pada hari Selasa, 31 Mei 2016 yang bersamaan dengan Peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 723 di Balai Kota Surabaya. Wadul adalah bahasa suroboyo yang berarti laporan atau mengadu. E- Wadul ini merupakan kependekan dari Ektronik Wadah Usulan dan Keluhan. 

Kepala Diskominfo Kota Surabaya Antiek Sugiharti  menjelaskan, dalam mekanisme pengaduan maupun saran, warga Surabaya bisa menyertakan bukti foto dan diunggah diaplikasi tersebut. Seperti misalnya warga mengeluhkan jalan berlubang di kawasan tempat tinggalnya. Nah, warga yang sudah berhasil sign up atau log in tinggal mengunggah foto permasalahan yang dimaksud dengan mengunggah foto lokasi jalan.

Mirip seperti akun media sosial fesbuk, E-Wadul juga memiliki sejumlah laman seperti timeline, notifikasi, dan juga laman Keluhan-ku. Pemilik aplikasi ini juga bisa melihat sejumlah keluhan dari  warga lain yang juga menggunakan E-Wadul. “Jika sudah melakukan pengaduan, maka seperti Sapa Warga, aduan atau pun keluhan langsung terintergasi ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Dan akan ditanggapi dalam kurung waktu maksimal 1×24 jam,” imbuh perempuan berljibab dan berkacamata iniaplikasi e-wadul kota surabaya

Menariknya pengadu akan mendapatkan notifikasi mengenai progress dari aduannya sejauh mana perkembangannya.  Selain itu, pengaduan tidak hanya bersifat pelayanan publik namun juga bisa menampung keluhan soal permasalahan layanan yang bersifat pribadi. Misalnya soal kesehatan, BPJS, pendidikan dan kesejahteraan.

Monggo bagi warga Kota Surabaya agar bisa memanfaatkan kanal E-Wadul ini. Atau klik sini untuk mengunduhnya di gadget android mantemans.. Sekedar inpoh untuk menjalankan aplikasi ini diperlukan Android versi 4.1 dan lebih tinggi

Maturnuwun

[displya-posts tag=surabaya]

bacaan : radarsurabaya (1/6)

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

13 thoughts to “E-Wadul, aplikasi android untuk aduan dan keluhan bagi warga Kota Surabaya”

Tinggalkan Balasan