Skip to main content

Keutamaan bulan Sya’ban atau wulan Ruwah …

Hari ini Senin, 9 Mei 2016 tak terasa kita telah memasuki 1 Sya’ban 1437 H atau 1 Ruwah 1949. Bulan Sya’ban merupakan bulan penghubung atau ditengah antara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan. Begitu banyak keutamaan pada bulan Sya’ban ini. Sedangkan bagi orang Jawa mengenal bulan Sya’ban ini sebagai bulan Ruwah atau Arwah yakni bulan menghormati arwah para leluhur atau orang yang telah mendahului.  Berikut mantemans keutamaan bulan sya’ban atau wulan ruwah ini.

Keutamaan bulan sya'ban atau wulan ruwah tahun 2016

BULAN SYA’BAN :

  • – Bulan Sya’ban adalah bulan yang disukai para pemburu kebaikan untuk memperbanyak puasa sunah.
  • – Dalam bulan ini, Rasulullah SAW memperbanyak puasa sunah. Bahkan beliau hampir berpuasa satu bulan penuh, kecuali satu atau dua hari di akhir bulan
  • – Sya’ban adalah nama bulan kedelapan dalam urutan bulan menurut perhitungan kalender Qamariyah. Letaknya diapit oleh dua bulan mulia, Rajab dan Ramadhan.
  • -عن أم المؤمنين عائشة رضي الله عنها قالت: ما رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم استكمل صيام شهر قط إلا شهر رمضان، وما رأيته في شهر أكثر صيامًا منه في شعبان. Dari Aisyah R.A berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156
  • كان أحب الشهور إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يصومه شعبان، ثم يصله برمضان “Bulan yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa sunah adalah bulan Sya’ban, kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadhan.” (HR. Abu Daud no. 2431 dan Ibnu Majah no. 1649
  • Para ulama salaf menjelaskan hikmah di balik kebiasaan Rasulullah SAW memperbanyak puasa sunah di bulan Sya’ban. Kedudukan puasa sunah di bulan Sya’ban dari puasa wajib Ramadhan adalah seperti kedudukan shalat sunah qabliyah bagi shalat wajib.
  • Puasa sunah di bulan Sya’ban akan menjadi persiapan yang tepat dan pelengkap bagi kekurangan puasa Ramadhan.
  • Hikmah lainnya disebutkan dalam hadits dari Usamah bin Zaid R.A, ia berkata: “Wahai Rasulullah SAW, kenapa aku tidak pernah melihat Anda berpuasa sunah dalam satu bulan tertentu yang lebih banyak dari bulan Sya’ban? Beliau SAW menjawab: ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفِلُ النَّاسُ عَنْهُ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَال إِلى رَبِّ العَالمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عملي وَأَنَا صَائِمٌ “Ia adalah bulan di saat manusia banyak yang lalai (dari beramal shalih), antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan disaat amal-amal dibawa naik kepada Allah Rabb semesta alam, maka aku senang apabila amal-amalku diangkat kepada Allah saat aku mengerjakan puasa sunah.” (HR. Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Khuzaimah. Ibnu Khuzaimah menshahihkan hadits ini)

Peristiwa di Bulan Sya’ban

  • Pada Sya’ban Allah menetapkan perubahan arah kiblat umat Islam dari Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis, Palestina, ke Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah

Wulan Ruwah

Orang tradisional Jawa mengenal Ruwah sebagai bulan arwah. Bulan dimana saat untuk mengingat dan menghormati para leluhur yang sudah memasuki alam kubur dan bersemayam di kuburan. Mereka melakukan ritual-ritual tradisi yang sangat naluriah dan manusiawi untuk memuliakan orang-orang tua pendahulunya dengan mengunjungi makam, membersihkan bahkan berdoa beramai-ramai di makam keluarga. Selanjutnya dilakukan tradisi besik dan nyadran.

Sya’ban

Menurut sejarah, dinamai “Sya’ban” karena orang-orang Arab pada waktu itu banyak berpencar untuk mencari mata air sehingga terpencar dan bercerai-berai. Mencari air di padang pasir mengandung makna berjuang mati-matian untuk menmpertahankan hidup dan meraih masa depan yang lebih baik.

Well, semoga pada bulan Sya’ban ini kita bisa mempersiapkan diri atau warming up  menjelang bulan ramadhan tang tinggal sebulan lagi.

sumber bacaan : Dr. Atabik Luthfi, MA; suryaden.com; http://www.republika.co.id/

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

9 thoughts to “Keutamaan bulan Sya’ban atau wulan Ruwah …”

Tinggalkan Balasan