Skip to main content

Kapan nge-charge baterai gadget yang tepat? Simak penjelasan ini.

Kapan nge-charge baterai gadget yang tepat? Simak penjelasan ini.

Baterai gadget anda masih 50 % akankah segera dicharge? Atau menunggu limit hingga dibawah 10% ?. Nah mari kita simak Mark Carlson, seorang teknisi dari Motorola agar kita bisa men-charge gadget kita pada waktu yang tepat.waktu yang tepat mengisi daya batterai Blackberry Z3

“Secara umum, sebuah baterai bisa menerima charging rate yang lebih tinggi saat sisa kapasitas dayanya sudah rendah, ketimbang masih tinggi,” ujar Carlson sebagaimana dirangkum KompasTeknodari Forbes, Senin (28/3/2016).

“Jadi, baterai yang sisanya tinggal 10 persen biasanya bisa lebih cepat diisi ketimbang saat sisa dayanya masih 50 persen,” imbuh dia.

Alasannya karena Baterai lithium-ion pada gadget modern dibekali mekanisme perlindungan terhadap overcharge alias kelebihan pengisian. Sebuah mekanisme yang memperlambat kecepatan charging pada batas-batas tertentu. Biasanya bisa kita lihat pada gadget kita ketika presentase charging diatas 90 % maka penambahan volumenya terasa lebih lambat bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Perlu diketahui juga, kecepatan pengisian baterai bergantung pula pada faktor-faktor lain seperti jenis smartphone dan kemampuan charger yang dipakai. Misalnya gadget yang yang ada fitur quick charging maka perlu disupport dengan charger yang mendukung hal tersebut. Intinya software dan hardware mesti saling support.

Akan terjadi ketimpangan bila kita mengisi daya dengan charger biasa meskipun gadget kita support quick charging ataupun sebaliknya. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya sekitar 2-3 jam kalau keadaan normal sehingga kalau over charging malah bisa-bisa baterai melendung atau hamil. Entahlah apa baterai gadget saat ini sudah ikutan KB sehingga ketika ditancapkan listrik semalaman tidak akan bunting? Monggo yang punya pengalaman bisa dishare dimari.

Nah sudah jelaskan mantemans, sebaiknya isilah daya baterai ketika jelang habis selain karena pengisian lebih cepat juga lebih mendukung durability dan endurance dari baterai itu sendiri…cmiiw.

Maturnuwun

Bacaan : Kompas tekno

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8
©©©©©©©©©

4 thoughts to “Kapan nge-charge baterai gadget yang tepat? Simak penjelasan ini.”

Tinggalkan Balasan