Skip to main content

Pelantikan 17 Bupati/Walikota di Jawa Timur Periode 2016-2021 di Gedung Grahadi Surabaya….Selamat bertugas mengemban amanah rakyat

Pelantikan 17 Bupati/Walikota di Jawa Timur Periode 2016-2021 di gelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya hari Rabu, 17 Februari 2016.  Pelantikan dilakukan dan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri serta pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Soekarwo Gubernur Jawa Timur. Waktu Pelantikan terdapat 2 sesi yakni Sesi l : Pkl 08.00-11.30 WIB dan Sesi ll : Pkl 13.00-14.30 WIB. Berikut 17 Kepala Daerah baik Bupati maupun Walikota yang dilantik hari ini…

suarasurabaya.net
suarasurabaya.net

Data 17 Pasangan kepala daerah hasil pilkada serentak tahun 2015 yang dilantik :

  1. Kota Surabaya (Tri Rismaharini – Wisnu Sakti Buana)
  2. Kota Pasuruan (H. Setiyono – Raharjo Teno Prasetyo)
  3. Kota Blitar (Moch Samanhudi Anwar – Santoso)
  4. Kabupaten Mojokerto (Mustafa Khemal Pasha – Pungkasiadi)
  5. Kabupaten  Gresik (Sambhari – Qhosim)
  6. Kabupaten  Malang (Kresna – Sanusi)
  7. Kabupaten Sidoarjo (Saifullah – Muhammad Nur Syaifudin)
  8. Kabupaten  Situbondo (Dadang Wigiarto – Yoyok Mulyadi)
  9. Kabupaten  Lamongan (Fadli – Kartika)
  10. Kabupaten  Sumenep (Busyro Karim – Achmad Fauzi)
  11. Kabupaten  Blitar (Rijianto – Marhaenis Urip Widodo)
  12. Kabupaten  Trenggalek (Emil Elestianto Dardak – M. Nurarifin)
  13. Kabupaten Kediri (Harianti – Maskuri)
  14. Kabupaten Jember (Faida M – Mukhid Muqit)
  15. Kabupaten Ponorogo (Ipong Muchlisin – Soedjarno)
  16. Kabupaten Ngawi (Budi Sulistiono – Any Anwar)
  17. Kabupaten  Banyuwangi (Abdullah Anwar Anas – Yusuf Widiatmoko).

Sedangkan 2 Kabupaten lain yakni Pacitan dan Tuban akan dilantik masing-masing bulan Maret 2016 dan Juni 2016 sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Bupati/Wabup yangg lama.

  1. Kabupaten  Pacitan (Indartato – Yudi Sambogo)
  2. Kabupaten  Tuban (Fatchul Huda – Nur Nahar Hussein)

Menariknya, dari deretan Bupati/Wakil Bupati serta Walikota/Wakil Walikota diatas memecahkan rekor MURI dengan predikat Wakil Bupati Termuda di Indonesia yakni Mochamad Nur Arifin, Wakil Bupati  dari Kabupaten Trenggalek. Wabup yang maju berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak (suami Arumi Bachsin) ini genap berusia 25 tahun. Tepatnya 25 tahun 10 bulan. Karena dia lahir di Surabaya, 7 April 1990. Pria yang akrab Gus Ipin ini menumbangkan rekor yang dipegang oleh Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad alias Ra Momon, yang berusia 26 tahun saat dilantik 4 Maret 2013 lalu.

Mengutip suarasurabaya.net, Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengatakan, setelah bupati dan walikota itu dilantik, otomatis saat itu pula mereka menjadi pejabat pemerintah yang harus melayani seluruh lapisan masyarakat. “Sebagai abdi masyarakat, gubernur, bupati dan wali kota, tidak boleh membeda- bedakan, waktu pilkada ikut memlih dirinya atau tidak,” kata Mendagri, Rabu (17/2/2016).

Tjahjo mengatakan, bupati dan wali kota harus menyinkronkan kebijakan politik Pemerintah Pusat dengan program jangka pendek yang diuacapkan calon bupati dan wali kota di masa kampanye.”Jangan sampai ada pejabat daerah yang mbalelo dengan kebijakan pusat,” kata Mendagri.

Mendagri juga mengingatkan bupati, wali kota, dan wakilnya, harus bersatu dalam melaksanakan program pemerintah untuk meningkatkan kerja di masing-masing daerah, jangan saling menikam.

Well, KHS hanya menyampaikan Selamat dan Sukses atas pelantikan 17 Bupati/Walikota di Jawa Timur Periode 2016-2021 di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Semoga Kepala Daerah yang terpilih bisa mengemban amanah negara dan melayani rakyat .

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

4 thoughts to “Pelantikan 17 Bupati/Walikota di Jawa Timur Periode 2016-2021 di Gedung Grahadi Surabaya….Selamat bertugas mengemban amanah rakyat”

Tinggalkan Balasan