Skip to main content

Lapter Harun Thohir Bawean, Gresik sudah beroperasi…ini tarif dan jadwalnya

Hari Sabtu, 30 Januari 2016 Lapangan Terbang Harun Thohir, Bawean, Gresik telah diresmikan operasionalnya.  Peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dengan didampingi Gubernur Jatim, Soekarwo, PJ Bupati Gresik, Akmal Budianto, anggota komisi V DPR RI, Jazilul Fawaid, anggota komisi VI, Iskandar Saikhu, Anggota DPD RI, Ahmad Nawardi serta beberapa pejabat eselon I Kemenhub. “Dengan dioperasikannnya bandara ini, warga Pulau Bawean tidak perlu bergantung pada kapal penyebrangan apabila ingin ke Gresik darat,”ujar orang nomor satu di Kementerian Perhubungan ini.Bandara Harun Thohir Pulau Bawean Gresik diresmikan Menhub Ignasius Jonan dan Gubernur Jatim Soekarwo pada tanggal 30 januari 2016

Bandara atau Lapangan  Terbang Harun Thohir ini ada di dusun Pajinggahan, Desa Tanjungori Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik.  Memiliki luas 70 hektar dengan panjang runway 930 meter dan lebar 23 meter.  Jam operasional mulai jam 07.00 WIB hingga 14.00 WIB.  Maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Harun Thohir ini yakni Airfast Indonesia.

Tarif

Kementrian Perhubungan memberi subsidi penerbangan yang totalnya mencapai Rp 12 miliar. Melalui skema subsidi selama setahun, tarif sekali perjalanan menuju Bandara Harun Thohir dari Bandara Juanda Surabaya ditetapkan sebesar Rp302.200. Sedangkan sebaliknya dari Bawean ke Surabaya dikenakan tarif sebesar Rp244.200.

Tarif tersebut sudah termasuk komponen PPN 10 persen, iuran wajib pesawat udara (IWPU), dan tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara.

Jadwal Penerbangan

Jadwal keberangkatan Airfast Indonesia setiap hari Selasa dan Kamis.

“Keberadaan Bandara Harun Thohir meningkatkan pariwisata Bawean, sebab Bawean ini Bali-nya jatim. Indah sekali,” kata Soekarwo selaku Gubernur Jawa Timur ketika turut serta meresmikan Bandara kebanggaan warga Bawean dan Gresik ini.

Peresmian Bandara Harun Thohir Pulau Bawean Gresik tanggal 30 januari 2016Dengan beroperasi lapangan terbang Harun Thohir ini  maka warga Bawean yang mau ke Gresik daratan hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja.  Namun untuk saat ini karena keterbatasan runway maka hanya melawani pesawat perintis dengan kapasitas penumpang 12 orang saja. Semoga kedepan bisa ditingkatkan sehingga pesawat tipe ATR bisa mendarat.

Maturnuwun

Sumber : adv Radar Gresik.

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

6 thoughts to “Lapter Harun Thohir Bawean, Gresik sudah beroperasi…ini tarif dan jadwalnya”

Tinggalkan Balasan