Skip to main content

Bayu Akik,Calon Sarjana Kuburan ini diamankan kepolisian karena kesalahpahaman

Seorang calon sarjana kuburan diamankan oleh pihak kepolisian di Semarang. Adalah H. Dimas Cokro Bayu Purnomo Aji, SH (36) yang berperawakan kurus, berjenggot, berbusana serba hitam dan membawa tas ransel diamankan oleh polisi yang berasal dari laporan masyarakat terkait dugaan pelaku teror. Awalnya pemuda asal jombang ini diamankan di sekitar Ungaran namun akhirnya dibawa ke Mapolres Semarang. Kok tahu kalau sarjana kuburan ?

sarjana kuburan diamankan di ungaran semarang 29 januari 2016
Sarjana Kuburan adalah lelaku spiritual tapa lelana beberapa orang aliran kepercayaan yang mendatangi makam-makam keramat khususnya di Pulau Jawa. Mereka biasanya bercirikan badan kurus, pakaian kumal karena lama perjalanan, membawa tas ransel dan biasanya berambut gondrong. Ketika lulus lelaku ini mereka biasanya disebut sebagai Sarjana Kuburan. Nah H. Dimas Cokro Bayu Aji ini merupakan salah satu diantara calon sarjana kuburan yang berasal dari Paguyuban Sesepuh Pinisepuh Sri Aji Jayabaya Kediri yang dipimpin oleh RM Sudibyo.

Mengutip Kompas.com (30/1), Ketika diperiksa oleh Kasatreskrim Polres Semarang, AKP Herman Soophian akhirnya terdapat keterangan bahwa H. Dimas ini merupakan warga jalan raya munggah desa Sumberrejo, Wonosalam, Jombang. Pria yang akrab di sapa Bayu akik ini tidak membawa tanda pengenal. Hanya membawa surat keterangan Lelaku Spiritual Tapa Lelana di Tanah Jawa dengan berjalan kaki. Surat ini ditandatangani pimpinan paguyuban dan legalisasi dari Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

Didalam tasnya juga ditemukan benda-benda yang mendukung keterangannya yakni beberapa rajah, beberapa akik dan cincin akik, tempat bakar kemenyan, potongan rambut dan transkrip kitab Darmogandul serta silsilah Raja Majapahit dan Kerajaan Mataram.

Menurut pengakuannya Bayu Akik ini telah memulai Tapa Lelana ini dari Jombang sejak Mei 2006. Dia mengaku juga lulusan Fakultas Hukum Udayana tahun 2004 dan telah melaksanakan Haji tahun 2003 silam. Namun semua itu ia tinggalkan karena merasa terpilih dari keluarga besarnya untuk menjalani tapa lelana ini.

Usai diperiksa intensif karena tidak ada indikasi teror yang mencurigakan serta barang yang berbahaya maka calon sarjana kuburan ini dilepaskan kembali oleh pihak kepolisian. “Saya tidak diperkenankan kembali ke Jombang sebelum tahun 2017″ujar Bayu Akik sebagaimana diberitakan oleh kompas.com

bacaan ; kompas.regional (30/1)

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8
©©©©©©©©©

7 thoughts to “Bayu Akik,Calon Sarjana Kuburan ini diamankan kepolisian karena kesalahpahaman”

Tinggalkan Balasan