Skip to main content

Tips menghindari sambaran petir

Menghindari petir adalah sebuah pilihan bila terdapat hujan disertai dengan kilatan petir menyembar. Kita bukanlah “Gundala Putra Petir” yang bersahabat dengan petir  dan mempunyai kekuatan seperti petir untuk membasmi kejahatan. Sudah banyak korban jiwa terjatuh dan tewas mengenaskan kala petir datang dan menyambar-nyambar. Maka menghindari petir adalah sebuah pilihan yang wajar, manusiawai dan lebih selamat daripada menantang sabda alam.  Nah berikut beberapa tips agar terhindar dari sambaran petir mantemans…

Tips menghindari sambaran petir tahun 2016Petir terjadi karena adanya tarik-menarik antara muatan positif dan negatif di atmosfer yang mengakibatkan penumpukan energi listrik. Pemanasan dan pendinginan udara yang cepat ini menghasilkan gelombang kejut yang nantinya menghasilkan petir. Sambaran petir ini sangat berbahaya karena bisa merusak sirkulasi darah, pernapasan dan sistem saraf. Itulah yang menyebabkan orang sampai mati jika tersambar petir secara langsung.

Jika petir datang segeralah mencari tempat tertutup yang aman untuk berlindung. Perhatikan pula tempat-tempat yang sebaiknya dihindari :

  1. Jika Anda terperangkap di luar segera masuk ke dalam bangunan. Tidak ada tempat yang aman di luar. Larilah ke mobil atau bangunan yang aman setelah Anda mendengar guntur.
  2. Jangan berada di sawah, lapangan, taman. Karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya.  Bila terjebak di tanah lapang tanpa ada tempat berteduh sebaiknya posisi tubuh dalam keadaan jongkok dan merapatkan kaki dan tangan, jangan berdiri!
  3. Jika sedang di kolam renang dan terlihat tanda-tanda awan sudah gelap segeralah ke luar karena kolam renang adalah sasaran empuk buat petir melepas energi.
  4. Jangan berlindung di bawah pohon karena pohon yang tersambar petir energinya bisa melompat ke tubuh.
  5. Jauhi tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir.
  6. Jika sedang berteduh di luar ruangan jangan terlalu dekat dengan orang lain setidaknya beri jarak 3-5 meter untuk menghindari lontaran energi jika ada petir.
  7. Jika sedang mengendarai motor segeralah berhenti dan cari tempat berlindung.
  8. Selalu berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan keselamatan dari bahaya petir.

Tips agar dapat menghindari sambaran petir tahun 2016

TEMPAT YANG AMAN DARI PETIR adalah:

  1. Mobil, karena petir hanya akan mengelilingi permukaan mobil lalu energinya jatuh ke tanah.
  2. Rumah, dengan syarat jika ada petir cabut stop kontak listrik seperti televisi dan komputer karena antena TV bisa menghantarkan listrik yang tersambar petir.
  3. Jauhi teras rumah ataupun tempat lainnya yang memiliki teras terbuka.
  4. Jangan menelpon pakai telpon rumah karena arus listrik bisa melewati sambungan telpon. Pakai telpon genggam lebih aman.
  5. Menjauhlah dari peralatan rumah yang terbuat dari logam seperti kusen atau pegangan pintu dari logam.

Demikian mantemanss tips menghindari sambaran petir. Kita hanya mampu berusaha sekuat tenaga namun Gusti Allah lah akan menentukan takdirnya pada hamba-Nya.

Maturnuwun

sumber : diolah koran facebook

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

16 thoughts to “Tips menghindari sambaran petir”

Tinggalkan Balasan