Skip to main content

Berikut klarifikasi berita miring terkait KH Said Aqil Siradj di Seminar PonPes Sidogiri

Beredar berita miring tentang HABIB TAUFIQ BIN ABDUL QODIR ASSEGAF dengan KH. SAID AQIL SIRADJ pasca acara seminar di Pesantren Sidogiri, Pasuruan, 24 Januari 2016. Nah agar tidak menimbulkan kesimpangsiuran dan agar tercerahkan maka berikut klarifikasi mengenai pertemuan tersebut. KHS mendapatkan klarifikasi ini secara viral melalui media sosial facebook dan salah satunya dishare oleh Mohammad Assegaff Seiwun dan Abdullah Ade.

Foto pertemuan antara Habib Taufiq Assegaf dengan Kiai Said saat istirahat sholat dan makan siang sehabis acara Seminar
Foto pertemuan antara Habib Taufiq Assegaf dengan Kiai Said saat istirahat sholat dan makan siang sehabis acara Seminar

Sebagai informasi telah dilaksanakn SEMINAR “Solusi Dinamika Islam Kekinian di Indonesia dan Dunia “, bersama HABIB ABU BAKAR AL ADNI BIN ALI AL MASYHUR, Yaman, KH. Said Aqil Siradj ( Ketua Umum PBNU ), dan KH. Yahya Zainul Ma’arif ( Buya Yahya ), di Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu, 24 Januari 2016. Acara tersebut dimoderatori oleh HABIB TAUFIQ BIN ABDUL QODIR ASSEGAF.

  • Sebelumnya dalam berita yang beredar dikabarkan bahwa Kiai Said seperti diadili oleh para Kiai dan Habaib terkait isu yang santer menimpa Kiai Said.

Hal tersebut DIBANTAH oleh pihak Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur, bahwa KH. Said Aqil Siradj diundang langsung oleh pengasuh Ponpes Sidogiri yaitu KH. NAWAWI ABDUL JALIL yang juga menjadi tim Ahlul Halli wal ‘Aqdi dan merestui KH. Said Aqil menjadi Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama di Jombang, Agustus 2015 kemarin. Sejatinya yang diundang setelah Kiai Said ialah Rais Am PBNU yaitu KH. Ma’ruf Amin, namun entah mengapa yang diundang KH. YAHYA ZAINUL MAARIF atau sering dikenal dengan Buya Yahya.

Menyikapi hal ini salah satu Guru Senior di Ponpes Sidogiri yaitu KH. MUHIB AMMAN ALI menjelaskan :

Forum Sidogiri ini menurut saya amat sangat penting dan langka. Belum pernah ada forum yang menyatukan antara kiai muda, kiai sepuh, habaib muda dan habaib sepuh.

Bahkan ulama dari Hadramaut Habib Abu Bakar Al ‘Adni bin Ali Al Masyhur dengan KH. Said Aqil Siradj di pandu oleh Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf yang selama ini selalu berseberangan dan nyaris tidak mungkin bertemu dalam satu majlis.

Ending dari pertemuan ini menurut saya juga berbeda dengan forum lain. Biasanya, jika KH. Said Aqil Siradj dipertemukan dengan kelompok yang bersebarangan dengannya, yang terjadi adalah hanya mengadili.

Tapi dalam forum ini endingnya adalah nasehat dan harapan para ulama dan habaib agar TIDAK ADA LAGI PERNYATAAN-PERNYATAAN KONTROVERSI YANG MEMBINGUNGKAN UMAT.

Forum ini bukan untuk menjatuhkan siapapun, bukan untuk menebar kebencian tapi memperbaiki keadaan umat. Forum ini juga menunjukkan BETAPA PARA KIAI SEPUH DAN HABAIB MASIH SANGAT MEMPERHATIKAN NAHDLATUL ULAMA SEBAGAI WADAH AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH.”

Terkait terpilihnya Kiai Said sebagai Ketua Umum PBNU sudah direstui oleh para ulama dan kiai sepuh seperti Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, Syaikhina wa Murobbi Rukhina KH. Maimoen Zubair, KH. Makhtum Hannan, KH. Dimyati Rois, Tuan Guru Turmudzi Badruddin, dan segenap kiai sepuh yang tergabung dalam Ahlul Halli wal ‘Aqdi.

  • Dikabarkan pula bahwa Kiai Said setelah pertemuan istirahat sholat dan makan siang langsung pulang dan tidak mengikuti sesi tanya jawab.

Ditanya hal demikian KH. MUHIB AMMAN ALI langsung membantah

“TIDAK BENAR, beliau ( Kiai Said ) mengikuti sampai sesi tanya jawab.. Waktu sesi tanya jawab, ada salah satu peserta yang mengungkit tentang proses pemilihan dalam muktamar.

Habib Taufiq Assegaf langsung memutus dan menyatakan bahwa terpilihnya KH. Said Aqil adalah kenyataan yang harus diterima., dan tidak boleh ada upaya untuk menjatuhkan.

Tapi sebagai muslim, kita wajib mengingatkan jika ada yang keliru, itulah tanggung jawab ulama, mumpung masih ada kiai sepuh.” Begitu penjelasan Kiai Muhib Amman Ali.

JUSTRU yang pulang lebih dahulu adalah KH. Yahya Zainul Maarif, bahkan saat Habib Abu Bakar Al Adni masih menyampaikan sesi ceramah, KH. Yahya Zainul Maarif pamit izin ke Habib Abu Bakar Al Adni untuk meninggalkan tempat acara.

Saat sesi ceramah dari KH. Yahya Zainul Maarif juga hanya sebentar, ini karena beliau merasa tidak pantas berbicara di hadapan para kiai sepuh dan habaib sepuh terutama pengasuh Ponpes Sidogiri dan Habib Abu Bakar Al Adni.

Demikian klarifikasi atas berita-berita miring yang beredar, TETAP JAGA NAHDLATUL ULAMA DENGAN BAIK, jangan membingungkan umat dengan hal-hal yang memicu terjadinya pecah belah.

Dilain kesempatan HABIB ABU BAKAR AL ADNI BIN ALI AL MASYHUR dari Yaman menjelaskan :

“JAUHILAH BERDEBAT, Semua itu permainan iblis yang menyebabkan berhentinya masalah-masalah yang lebih penting karena disebabkan rayuan syaitan kepada Umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Jika kalian sensitif dan mampu memahami apa yang dibicarakan para ulama salafunas shalih, maka sesungguhnya tidak ada satupun dari mereka yang mengajak kepada pertikaian dan perpecahan.

Kami tidak mau kalian merasa dengki walau sebesar biji dzarrah dengan siapapun yang beragama Islam meskipun berbeda pemahaman.

Meski kadang banyak berbeda pemahaman, Kami tidak pernah sedikitpun dengki kepada sesama muslim yang mendirikan Sholat, akan tetapi kami akan sangat sedih apabila melihat orang Islam yang meninggalkan sholat.

Ketika kami melihat orang yang berbicara atas nama orang ‘Alim untuk mencaci orang lain, Ketika kami melihat orang berbicara atas nama agama untuk tujuan membuat konflik ( perpecahan ) kepada umat, Perkara yang seperti inilah yang menyesakkan nafas kami.

Ketahuilah para masyayikh dan orang-orang ‘Alim tidak membuang nafas-nafas mereka melainkan hanya untuk mengingatkan kami kepada Allah, Rasulullah, dan para Sahabat.

JALAN KAMI ADALAH MENJAGA LISAN DARI MENCACI DAN MENJAGA TANGAN DARI DARAH ORANG LAIN”

Dalam acara seminar tadi, HABIB ABU BAKAR AL ADNI juga menyampaikan :

“Perbedaan pendapat itu ada DUA :

1. Perbedaan pendapat karena ilmu
2. Perbedaan pendapat karena fitnah

Perbedaan pendapat karena ilmu itu sudah ada sejak zaman dahulu, karena hal itu sudah merupakan sunnatullah, dan ini memang tidak bisa disatukan. Namun perbedaan pendapat karena fitnah itu yang masih bisa disatukan bila semua fitnah itu bisa dihilangkan. Di saat sekarang ini kekuatan fitnah lebih besar daripada ilmu, waspadalah terhadap berita-berita fitnah yang semakin banyak beredar.”

Oleh karena itu, saya MENGHIMBAU kepada seluruh umat Islam agar TIDAK MUDAH TERPROVOKASI atas berita-berita miring yang memecah belah persatuan dan kesatuan umat.

Waspada terhadap pihak-pihak yang dengan sengaja atau tidak untuk berupaya meruncingkan hubungan antara Kiai dan Habaib.

INGAT BAIK-BAIK pesan Hadhratusy Syaikh KH. Hasyim As’ari pendiri NAHDLATUL ULAMA

“Dakwah dengan cara memusuhi ibarat orang membangun kota tetapi merobohkan istananya.

Jagalah persatuan dan kesatuan kita, karena orang lain juga memperkokoh persatuan mereka. Kadang-kadang suatu kebatilan mencapai kemenangan disebabkan mereka bersatu dan terorganisasi. Sebaliknya kadang-kadang yang benar menjadi lemah dan terkalahkan lantaran bercerai-berai dan saling bersengketa”

Kanjeng Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

سِبَابُ اْلمُسْلِمِ فُسُوْقٌ وَ قِتَالُهُ كُفْرٌ

“Mencaci orang Islam itu merupakan kefasiqan, dan membunuhnya merupakan kekafiran”. [ HR. Bukhari ]

Demikian mantemans terkait klarifikasi berita-berita miring yang beredar pasca forum ilmiah di Pesantren Sidogiri yang melibatkan KH. Said Aqil Siradj ( Ketua Umum PBNU ) dan HABIB TAUFIQ BIN ABDUL QODIR ASSEGAF.

Maturnuwun

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

8 thoughts to “Berikut klarifikasi berita miring terkait KH Said Aqil Siradj di Seminar PonPes Sidogiri”

  1. saya pribadi tdk lg prcya kpd said aqil siradj… pernyataanya sering mnyakiti kami tdk usah dijlaskn dsini mngkin agan2 sdh tau… banyak brkata goblok itu tntu bukan kata2 arif untuk org sekaliber dia. maaf ini pndpat saya pribadi.

Tinggalkan Balasan