Skip to main content

Aksi vandalisme di Masjid Wiworo Tjipto, Yogyakarta…hati-hati provokasi.

Aksi vandalisme di Masjid Wiworo Tjipto, Yogyakarta…hati-hati provokasi.

Telah terjadi aksi Vandalisme alias corat-coret di Masjid Wiworo Tjipto, Gedongkiwo, Mantrijeron, Jogjakarta hari Rabu, 20 Januari 2016. Aksi tidak bertanggungjawab ini dilakukan oleh orang tidak dikenal. Setidaknya terdapat 4 coretan yang berbau umpatan dan kata-kata jorok terpampang di dinding masjid. Untuk menghindari aksi terpancing emosi alias provokasi saat ini kasus ditangani oleh Polsek Mantrijeron dan Polres DIY.aksi vandalisme alias corat-coret di masjid Wiworo Tjipto jalan Bantul Mantrijeron jogjakarta hari rabu, 20 Januari 2016

Selengkapnya berikut kronologi aksi vandalisme di Masjid Wiworo Tjipto yang diposting oleh Ihsan Yahdiazka di grup Facebook Info Cegatan Jogjakarta (ICG) hari Rabu (20/1) :

Hal: upaya provokasi tulisan berbau SARA,sbb:

A. Pada 20 Januari 2016 sekira pukul 11.45 – 15.00 wib Masjid Wiworo Tjipto Jl. Bantul, Kel. Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron Kota Yogyakarta telah ditemukan tulisan kotor/jorok di tembok bagian depan dan tempat Imam oleh orang tidak dikenal, dan pelaku penulisan blm diketemukan.

1. Adapun saksi :

a. Ustadz Burhani, 45, Islam, Guru, d.a Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta.
b. Bpk. Iwan, 45 Th, Islam, Takmir Masjid, d.a Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta.
c. Bpk. Dawam, 35 Th, Islam, Takmir Masjid d.a Gedongkiwo, Mantrijeron, Yka.

2. Kronologi sbb :

a. Sekira pukul 07.30 wib Bpk. Iwan melaksanakan bersih-bersih Masjid Wiworo Tjipto masih dalam keadaan bersih.
b. Sekitar Pukul 08.00 ada Jama’ah Masjid melaksanakan Sholat Dhuha dan menjumpai ada coretan di samping kanan kiri dan tengah Imam yang bertuliskan Asu, Maling kundang, Itil. Jama’ah tersebut (seorang penjual pisau keliling) selanjutnya melaporkan kepada Takmir Masjid (Bpk.Iwan)
c. Sekitar Pukul 11.00 Sebelum Sholat Dzuhur Bpk. Iwan (Takmir) melaporkan kepada Dawam dan Takmir yang lain kemudian menutupnya dengan Koran.
d. Pukul 12.15 Bpk. Iwan dan pengurus Masjid lainnya berinisiatif melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Mantrijeron dan Ormas Islam.
e. Pukul 12.50 wob Ormas Islam dipimpin Muhammad Fuad (GPK Kota Yogyakarta) diikuti ± 50 orang tiba di Masjid Wiworo Cipto dan pukul 12.55 wib aparat Kepolisian Polresta Yogyakarta dipimpin Kompol Sigit H (Kabagops Polresta Yogyakarta) tiba dilokasi.
f. Pukul 13.00 wib diadakan pertemuan singkat antara Pengurus Masjid, Ormas Islam, Muspika dan Kepolisian. Dari hasil pertemuan tersebut disepakati untuk segera menutup tulisan tersebut untuk menghindari kerumunan warga dan menjaga kondisi keamanan kota Yogyakarta.

g. Pukul 13.45 wib tulisan-tulisan kotor dihilangkan dengan menggunakan cat oleh Pengurus Masjid, Ormas Islam dan Muspika Kec. Mantrijeron, sampai tidak terlihat tulisan semula.
f. Pukul 14.00 pihak Kepolisian memasang Police Line di area Masjid untuk proses identifikasi dan mengurangi kerumunan warga.
g. Pukul 15.00 wib Ormas Islam dipimpin Muhammad Fuad meninggalkan Masjid Wiworo Tjipto dengan tertib. Dan situasi di lingkungan Masjid berjalan kondusif dan berlangsung aktivitas Masjid seperti biasa.

3. Adapun tulisan-tulisan tersebut :
a. Malin kundang (berwarna merah).
b. Ada maling (berwarna hitam).
c. It*l/didua tempat (berwarna hitam).
d. It*l (berwarna merah).
e. A*u (berwarna merah).

Permasalahan ini dalam penyelidikan Polsek Mantrijeron dan Polresta Yogyakarta.

B. Langkah kominda :
Telah dilakukan pengamanan dg libatkn takmir masjid dan muspika setempat agat tdk berkembang unsur SARA. Berkoordinasi dengan Kompol. Wahyu Dwi Nugroho (kasat ipp polresta yogyajarkarta) untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaku penulisan yg berpotensi menimbulkan SARA di Yogyakarta serta melalui FKUB untuk redusir kpd ormas islam tidak terpancing melakukan tindakan anahkhis. Dump. Jgn terpancing, jogja berhati damai
***
Semoga tidak terpancing emosi alias tersulut provokasi kaum muslimin yang ada di Jogjakarta. Biarkan aparat penegak hukum yang mengusut tuntas kasus vandalisme ini.

Maturnuwun

———–

Contact KHS :
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

6 thoughts to “Aksi vandalisme di Masjid Wiworo Tjipto, Yogyakarta…hati-hati provokasi.”

Tinggalkan Balasan