Skip to main content

Waduh…Laboratorim kampus C Universitas Airlangga di bobol maling….3 laptop data riset hilang semua…

Gedung Institute Tropical Disease (Laboratorium Lembaga Penyakit Tropis) Universitas Airlangga yang berada di Kampus C dibobol pencuri pada Selasa (5/1) pukul 21.00 WIB. Akibatnya 3 unit laptop yang berisi ratusan data penelitian virus influenza dan penyakit tropis lainnya selama bertahun-tahun, milik Prof Kazumi Shimizu asal Jepang juga ikutan raib. 

Laboratorium kampus c Unair di Bobol Maling tanggal 6 Januari 2016

Informasi yang dihimpun via Radar Surabaya (8/1) menyebutkan bahwa kemalingan ini terjadi ketika seseorang mengaku suruhan untuk mengambil barang di laboratorium. Sehabis dari laboratorium pelaku mengaku kepada petugas penjaga untuk ke rumah sakit pendidikan unair. Nah pencurian baru diketahui esok harinya yang ternyata 3 buah laptop merk Apple raib. Dan yang lebih menyedihkan salah satu laptop tersebut terdapat data-data penelitian tentang penyakit tropis sejak tahun 1997. Pelaku sendiri diduga merupakan profesional karena tidak terekam oleh cctv sama sekali.

““Saya  heran kenapa pencuri  mengambil  laptop. Apabila  pencuri  tersebut membutuhkan  uang,  lantas  mengapa  pencuri  tidak mengambil  barang-barang berharga  ratusan  juta  di dalam laboratorium, seperti mikroskop,”  terang  Prof Muhammad Nasih. Belum diketahui apakah ada back-up data-data penelitian Prof Kazumi Shimizu asal Negeri Sakura tersebut. Data  dalam tiga  laptop  itu  berisi  penelitian  virus  influenza,  malaria,  avian  influenza  pada unggas dan terbaru terkait penelitian  hepatitis  A  dan  B yang melanda Kota Bandung.

Menurut  Nippon  Foundation,  Prof  Kazumi  Shimizu  masuk  ke  dalam  golongan  100  profesor  Jepang  terbaik  di  bidangnya. Dari  ratusan penelitian yang  dihasilkan,  salah satu  penelitian  terbarunya berjudul  Liganddriven conformational  changes  of MurD  visualized  by  paramagnetic  NMR  tahun 2015.  Tidak  hanya  itu, jurnal  penelitian  dari  Prof Kazumi Shimizu masuk ke dalam  Spinger    yang  merupakan  salah  satu  penerbit  jurnal  Internasional terbaik di dunia.

Maturnuwun

Bacaan : Radar Surabaya

——————

Contact KHS :
Main blog : http://www.setia1heri.com
secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

 

14 thoughts to “Waduh…Laboratorim kampus C Universitas Airlangga di bobol maling….3 laptop data riset hilang semua…”

Tinggalkan Balasan