Skip to main content

Heboh jelang tahun baru 2016….Terompet terbuat dari sampul Al-Qur’an dan Buku Iqra’

Biasanya jelang tahun baru akan banyak ditemukan penjaja terompet di sepanjang jalan. Nah menjelang akhir tahun 2015 dan tahun baru 2016 terdapat kehebohan dengan ditemukannya Terompet berbahan sampul Al-Qur’an. Kejadian ini ditemukan di sebuah Kota Kendal, Jawa Tengah pada hari Minggu, 27 Desember 2015 kemarin. Selengkapnya silahkan dicermati kronologis berikut yang KHS dapat dari broadcast media sosial.

Terompet Tahun Baru 2016 berbahan sampul Al-Qur'an dan Buku Iqra' di Kendal Jawa Tengah (3)

Selamat siang ijin mengimformasikan Pada hari Minggu tanggal 27 Desember 2015 Pkl 16.00.Wib telah didapat informasi dari Kyai Kresno Abrory ( Tokoh NU ) alamat Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal bahwa di mini market Alfamart Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal menjual terompet yang terbuat dari sampul Al Qur’an berwana hijau bertuliskan kementrian Agama RI tahun 2013 dan kaligrafi arab bertuliskan lafadzh Alqur’anulkarim

Saksi – saksi :

  1. KHOERUL AMIN, 20 th, Islam , karyawan Alfamart Kebondalem, almt: Ds. Purwokerto Rt. 02/ 01 Kec. Patebon Kab. Kendal
  2. NURFATONI, 25 th, Islam, alamat : Ds. Ringinarum Kec. Ringinarum, karyawan Alfamart Purin Kec. Patebon.
  3. Abdul Basir bin Jumani, 40 th, alamat: ds. Pagerdawung Rt. 01/ 02 Kec. Ringinarum – Kendal, manager Alfamart wilayah Kendal.

Kronologis kejadian ;
Sekira pukul 16.00 wib salahsatu warga menyampaikan permasalahan tentang terompet berbahan sampul Al Qur’an kepada Ky. Kresno Abrory ( Tokoh NU ) alamat Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal yang merasa resah dengan beredarnya terompet dimaksud ( dijual di Alfamart Kebondalem ) dan bermaksud akan melaporkan temuan tsb kpd ormas NU namun dicegah oleh Ky. Kresno Abrory kemudian dilaporkan ke Polres Kendal dengan maksud aparat hukum yang melakukan langkah pengamanan.

Terompet Tahun Baru 2016 berbahan sampul Al-Qur'an dan Buku Iqra' di Kendal Jawa Tengah (4)
Langkah yang telah dilakukan antara lain :

  1. Melakukan pengecekan langsung ke Alfamart Kel. Kebondalem Kec. Kota Kendal dan ditemukan terompet berbahan sampul Al Qur’an sebanyak 14 biji dari stok 60 biji yang diterima pada tanggal 05 Desember 2015 dari gudang Alfamart Jl. Wijayakusuma Semarang dan sisa terompet di Polres Kendal.
  2. Melakukan pengecekan ke minimarket Alfamart diwilayah Kab. Kendal dan ditemukan penjualan terompet dimaksud dengan program promosi special terompet tahun baru seharga Rp. 3.500 ,- periode 16-31 Desember 2015.
  3. Melakukan langkah pengamanan barang bukti terompet dimaksud yang dikoordinasikan dengan pihak manager Alfamart Kab. Kendal Abdul Basir bin Jumani ( alamat: ds. Pagerdawung Rt. 01/ 02 Kec. Ringinarum – Kendal ).
  4. Melakukan interograsi terhadap manager Alfamart
  5. Melakukan pengamanan terompet dimaksud dari mini market Alfamart yang ada di wilayah Kab. Kendal oleh Polsek jajaran dengan rincian:
    1). Alfamart Kebondalem Kendal : stok 60 sisa 14 biji
    2). Alfamart Purin Patebon: Stok 30 sisa 8 biji
    3). Alfamart Sijeruk Kendal: Stok 60 sisa 8 biji.
    4). Alfamart Karangsari Kendal: stok 60 sisa 34 biji
    5). Alfamart Jl Laut Kota Kendal : stok 60 sisa 5 biji
    6). Alfamart Ds. Pageruyung: stok 30 habis terjual
    7). Alfamart Sedayu- Gemuh: stok 60 habis terjual.
    8). Alfamart Botomulyo Cepiring: stok 60 habis terjual
    9). Alfamart Sriagung Cepiring: stok 60 habis terjual
    10). Alfamart Karangayu Cepiring: stok 60 habis terjual
    11). Alfamart Juwiring- Cepiring: stok 60 sisa 1 biji
    12). Alfamart Jl. Raya Weleri: stok 60 sisa 1 biji
    13). Alfamart Jl. Tamtama Weleri: stok 60 sisa 3 biji
    14). Alfamart Montongsari-Weleri: stok 30 sisa 2 biji
    15). Alfamart jl.Pemuda Boja: stok 30 sisa 3 biji
    16). Alfamart Rowosari: stok 30 habis terjual.
    17). Alfamart Jl Weleri-Gemuh: stok 30 sisa 1 biji
    18). Alfamart Jl Weleri-Gemuh: stok 30 sisa 1 biji
    19). Alfamart Brangsong: stok 40 sisa 8 biji
    20). Alfamart Sekopek Kalwngu: stok 40 Sisa 6 biji
    21). Alfamart Plantaran Kalwungu: Stok 40 Sisa 8 bijiTerompet Tahun Baru 2016 berbahan sampul Al-Qur'an dan Buku Iqra' di Kendal Jawa Tengah (1)
  6. Terompet tsb di kirim pada tgl 5 des 2015 dari Suplayer Sdr. Hana No. HP. 08157614630 alamat Jl. Pederesan besar No. 96 Semarang dengan gudang dikawasan Industri wijaya kusuma Jl. Randugarut 12 Semarang. Sedangkan penanggungjawab pengiriman barang / terompet ke minimarket Alfamart atas nama Sdr. Basuki Anwar No. Hp. 081585200541 alamat Perum Jatisari Semarang.
  7. Penerima barang ( terompet ) di minimarket Alfamart seluruh karyawan yang saat itu piket dengan penanggungjawab kepala jaga saat itu.

C A T A T A N :

  1. Bahwa dari pihak manager dan karyawan Alfamart di wilayah Kab. Kendal tidak mengetahui bahwa terompet tersebut berbahan sampul Al Qur’an karena terompet tertutup oleh plastic hias dan hanya menerima stok dari gudang pusat.
  2. Adapun Tindakan Kepolisian untuk antisipai agar tdk berkembang al sbb :
    1. Melakukan tindakan penggalangan kepada tokoh NU, ormas untuk meredam situasi.
    2. Mengamankan barang bukti.
    3. Melakukan interograsi manager minimarket Alfamart.
    4. Menginventarisir Barang Bukti
    5. Melaporkan kepada Pimpinan
    6. Melakukan pembinaan kepada toga, tomas toda untuk mengantisipasi gejolak dimasyarakat khususnya ormas Islam.
    7. Melakukan pengawasan Alfamart / monitoring perkembangan situasi terkait beredarnya terompet berbahan Alqur’an.

Semoga daerah lain juga harap waspada dengan keberadaan terompet berbahan sampul Al-Qur’an dan buku Iqro’ ini. Mungkin niatnya ingin memanfaatkan barang bekas sampul yang tidak terpakai namun ternyata hal ini justru menimbulkan persepsi negatif dikalangan masyarakat terutama masyarakat muslim.

Terompet Tahun Baru 2016 berbahan sampul Al-Qur'an dan Buku Iqra' di Kendal Jawa Tengah (2)Semoga pihak kepolisian segera mengambil tindakan tegas apakah hal ini merupakan sebuah kesengajaan atau kelalaian karena merupakan salah satu bentuk pelecehan terhadap sebuah kitab suci. Dan berharap masyarakat muslim tidak terprovokasi atas kejadian ini namun tetap waspada upaya-upaya adu domba.

sumber : BC medsos

Maturnuwun

2 thoughts to “Heboh jelang tahun baru 2016….Terompet terbuat dari sampul Al-Qur’an dan Buku Iqra’”

Tinggalkan Balasan