Skip to main content

Mencoba menyandingkan pecahan logam kepingan uang Indonesia dan Malaysia

Sedulur KHSblog, ini sekedar perbuatan iseng semata. KHS mencoba membandingkan pecahan uang kepingan punya kita yakni Rupiah dan Ringgit dari Malaysia. KHS dapatkan kepingan uang Malaysia ini ketika lihat Moto GP Sepang bersama Honda akhir Oktober 2015 kemarin. Pecahan kepingan logam yang dikeluarkan Bank Negara Malaysia ini nominalnya 50 sen, 20 sen dan 10 sen.

uang logam Malaysia dan Indonesia disandingkan
KHS mencoba membandingkan atau mensejajarkan dengan uang pecahan RI dengan nominal Rp. 100, Rp.200 dan Rp.500. Entah tepat atau tidak karena KHS gak begitu tahu bener gak perbandingan. Soalnya di Indonesia nilai uang terkecil yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yakni Rp. 100. Memang sih waktu kecil dahulu tahun 1990 an KHS sempat melihat pecahan Rp. 5, Rp. 10 dan Rp. 25 dan terakhir Rp. 50. Dan sepertinya uang-uang tersebut sekarang tinggal kenangan.

Kata mbah-mbah dahulu di kita juga pernah mengenal uang ‘Sen’ seperti pecahan di Malaysia itu tapi KHS tidak begitu tahu berapa pecahan nominal pastinya. Maklum KHS waktu itu kan belum lahir…..xixiixixi.

uang ringgit dan rupiah bentuk logam kepingan
Melihat sekilas ketiga jenis pecahan logam uang RI dan Malaysia ini terlihat punya RI lebih besar dan ringan. Sedangkan punya Malaysia terlihat lebih kecil namun berat. Bahan yang ada sepertinya kayak logam uang Rp. 100 jaman KHS kecil dimana bahan sama tapi lebih besar. Pecahan 50 sen ini terbuat dari kuningan dimana pecahan Rp.500 pun kita juga pernah punya versi kuningan.
Sebagai informasi ketika Oktober 2015 kemarin nilai tukar 1 Ringgit Malaysia sekitar Rp. 3000-an mantemans…

Monggo ditambahi sendiri analisa dan inpohnya dulur2
Maturnuwun

——–+——-

One thought to “Mencoba menyandingkan pecahan logam kepingan uang Indonesia dan Malaysia”

Tinggalkan Balasan