Skip to main content

Yuk Minum Air Putih biar sehat bugar…ini manfaat lainnya

Sedulur KHSblog, tubuh manusia terdiri dari banyak cairan sehingga kekurangan akan mengalami lemah, capek dan dehidrasi.  Dalam kondisi apapun jangan sampai melupakan minum air putih sesuai yang direkomendasikan. Mau kondisi panas, kering, hangat, atau dingin menggigil tetap harus minum air putih kawans. Sudah banyak tahu kan beragam penyakit bisa ditimbulkan dari kekurangan minum air putih ? mulai dari gagal ginjal, infeksi saluran kencing, susah BAB dan beberapa ketidaknyamanan yang lainnya. Yupz…mulai sekarang jangan lupakan minum air putih ya mantemans…

jangan lupa minum air putih ditempat kerjaMinum berapa gelas kang?

Mengutip alodokter.com, meskipun kebutuhan air setiap orang berbeda namun disarankan untuk WANITA, minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, PRIA disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter tiap hari.

Berikut manfaat minum air putih

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Namun begitu jangan terlalu berlebihan ketika meminum air putih. Menutip Laporan Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) yang dipublish oleh halosehat.com mencatat ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena rusaknya ginjal dan mengalami hyponatraemia dan beberapa gangguan yang lain.

Yuuk budayakan minum air putih ya dulur2….

One thought to “Yuk Minum Air Putih biar sehat bugar…ini manfaat lainnya”

Tinggalkan Balasan